x

Profil Tim Piala Dunia U-17: Meksiko, Lanjutkan Rekam Jejak Mentereng

Sabtu, 4 November 2023 18:51 WIB
Editor: Juni Adi
Logo Piala Dunia U-17. (Foto: FIFA)

FOOTBALL265.COM - Meksiko U-17 bertekad untuk melanjutkan tren positif mereka di ajang Piala Dunia U-17 2023 yang digelar di Indonesia.

Salah satu turnamen sepak bola kelompok umur antar negara paling bergengsi di dunia, Piala Dunia U-17 2023 akan segera dimulai kurang dari beberapa hari lagi.

Baca Juga

Indonesia ditunjuk oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah penyelenggara menggantikan Peru. Ajang ini bakal digelar mulai 10 November hingga 02 Desember 2023 mendatang.

Salah satu tim yang layak ditunggu aksinya adalah Meksiko. Wakil dari konfederasi CONCACAF ini datang ke Tanah Air dengan status juara Piala Concacaf U-17 2023.

Gelar tersebut menjadi motivasi tinggi anak asuh Raul Chabrand untuk mendulang prestasi di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia. 

Motivasi lainnya adalah mereka ingin melanjutkan rekam jejak menterengnya. Sejak Piala Dunia U-17 pertama kali digelar pada 1985 lalu, Meksiko telah memenangkanya sebanyak dua kali.

Baca Juga

Gelar tersebut terjadi pada edisi 2005 dan 2011. Pada edisi terakhir di tahun 2019, Meksiko juga mampu melangkah hingga final sayang mereka kalah di partai puncak dari tuan rumah Brasil, dengan skor 2-1.

Pada Piala Dunia U-17 2023 kali ini, Meksiko akan tergabung di Grup F bersama Jerman, Venezuela, dan Islandia Baru.

Negara terakhir menjadi ujian pertama Meksiko pada 12 November 2023 mendatang di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

Baca Juga

1. Player to Watch

Logo Piala Dunia U-17. (Foto: FIFA)

Stephano Carrillo

Stephano Carrillo adalah salah satu pemain andalan Meksiko U-17 di lini depan. Penyerang berusia 17 tahun itu sudah menyumbang 8 gol, sekaligus menjadi top skor tim. 

Ketajamannya diharapkan berlanjut di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia. Di pertandingan terakhir melawan Amerika Serikat di final Piala Concacaf U-17 2023 pada Februari lalu.

Stephano Carrillo menyumbang 1 gol dari titik putih dalam kemenangan 3-1. Musim ini ia dipromosikan ke tim Santos U-18 di Liga Meksiko berkat performa apiknya itu, sebelumnya ia bermain untuk tim akademi Santos.

Prediksi di Piala Dunia U-17 2023

Tergabung di grup F seperti De Javu untuk Meksiko pada edisi 2019. Ketika itu mereka juga masuk grup F bersama beberapa tim kuat lain di antaranya Italia, Kepulauan Solomon, dan Paraguay.

Tetapi Meksiko mampu melanju hingga final. Pada edisi kali ini, lolos partai puncak kembali bisa diwujudkan oleh Meksiko, mengingat mereka juga sedang dalam kepercayaan diri tinggi berkat status jawara Amerika Utara.
 


2. Prakiraan Formasi dan Starting XI

Logo Piala Dunia U-17. (Foto: FIFA)

Timnas Meksiko U-17 saat ini telah tiba di Indonesia dan sedang menjalani pemusatan latihan di Bali, sebagai persiapan akhir jelang tampil di Piala Dunia U-17 2023 mendatang. 

Meski belum terbiasa dengan panas dan cuaca di Bali, Fidel mengaku yakin para pemain timnas Meksiko U-17 mampu beradaptasi jelang tampil di Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga

"Sangat indah dari lapangan, ada pantai di sampingnya, ini lingkungan yang sangat indah. Ya di sini sangat panas, tetapi saya pikir ini hanya soal waktu untuk terbiasa," ujar Fidel usai latihan, Kamis (02/11/23), dikutip dari detik.

Pelatih Raul Chabrand juga membawa para pemain terbaiknya yang sebagian besar menjadi tumpuan saat memenangkan Piala Concacaf U-17 2023 lalu.

Beberapa nama yang kemugkinan bakal jadi andalan Meksiko adalah Stephano Carrillo, Jose Urias dan Fidel Barajas.

Ketiga pemain itu tampil ciamik di tim Meksiko U-17. Carrillo misalnya, dia adalah penyerang andalan tertajam di tim dan sudah membuat 8 gol di semua ajang. 

Baca Juga

Kemudian ada gelandang Urias. Dia merupakan pemain tersubur kedua di tim Meksiko dengan torehan 5 gol. Terakhir ada winger kanan, Fidel Barajas.

Meski baru membuat 3 gol tahun ini, ia jadi tumpuan saat menyerang, karena sudah terlibat 5 kali gol Meksiko, dengan mencatat 5 assist.

Berikut Daftar Pemain Meksiko U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Kiper:
Paolo Bedolla
Fernando Delgado

Belakang:
Emilio Garcia
Adrian Pelayo
Kevin García
Luis Navarrete
Javen Romero
Javier Suarez

Gelandang:
Daniel Vazquez
Isaac Martínez
Luis Ortiz
José Urías
Gael Alvarez

Penyerang:
Adrián Fernández de Lara
Mateo Levy
Brandon Lomelí
Fidel Barajas
Hugo Camberos
Francisco Valenzuela
Stéphano Carrillo.

Starting XI Meksiko U-17:

Paolo Bedolla; Suarez Belisario, Garcia Jimenez, Navarrete Torres, Javen Romero; Martinez Camacho; Lomeli Marin, Gael Alvarez, Jose Urias, Fidel Barajas;  Stephano Carrillo.

Baca Juga
MeksikoPiala Dunia U-17

Berita Terkini