x

Battle Sengit Calon-Calon Suksesor Mohamed Salah, Ada yang Sudah di Liverpool

Senin, 6 November 2023 15:25 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pemain Liverpool, Mohamed Salah. Foto: REUTERS/Molly Darlington.

FOOTBALL265.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, nampaknya belum bisa bernapas lega karena Mohamed Salah masih memiliki banyak peminat.

Seperti diketahui, Mohamed Salah sempat membuat banyak suporter ketar-ketir di bursa transfer musim panas.

Ia digadang-gadang bisa pindah ke Liga Arab Saudi menyusul sejumlah pemain klub Eropa yang sudah terlebih dahulu berekspansi ke sana.

Bahkan, para suporter juga tidak bisa duduk tenang lantaran bursa transfer Liga Arab Saudi masih buka setelah 1 September.

Untungnya, Mohamed Salah pada akhirnya tetap tinggal dan melalui musim ini bersama Liverpool dengan langkah yang positif.

Saat ini ia menjadi top skor The Reds di Liga Inggris 2023/2024 dan memepet Erling Halaand di daftar pencetak gol terbanya.

Baca Juga

Hanya saja, Mohamed Salah tentu bukannya tidak tergantikan di Liverpool. Usianya yang telah menginjak 31 tahun bisa jadi persoalan.

Bukan tidak mungkin, tahun depan ia akan benar-benar hengkang menyusul kontrak yang bakal berakhir pada 30 Juni 2025.

Bisa jadi, terbesit di benak Liverpool untuk melepas winger andalan mereka itu pada 2024 saat nilainya masih cukup tinggi.

Untuk itu, tidak ada salahnya apabila Liverpool sudah mulai berselancar di bursa transfer pemain demi mencari pengganti Mohamed Salah.

Baca Juga

Sudah sejak lama, sederet pemain dikait-kaitkan sebagai calon suksesor Mohamed Salah di Liverpool.

Leroy Sane merupakan pemain yang cukup santer berada di daftar tersebut. Ia bukan nama baru di kancah persepakbolaan Inggris.

Liverpool tentu sudah cukup familier dengan sosok yang satu ini karena ia dulu sempat bermain untuk Manchester City.

Jika merapat ke Liverpool, Leroy Sane adalah tipe pemain yang tidak cocok ditempatkan hanya di satu sisi sayap.

Ia berbeda dengan Mohamed Salah yang menghabiskan sebagian besar menit bermainnya di sebelah kanan.

Leroy Sane mungkin bisa diberikan peran yang lebih bebas dalam bereksplorasi, mengingat di Bayern Munchen ia juga kerap melakukannya.

Pemain berusia 27 tahun ini kerap bertukar sisi sayap dengan Kingsley Coman sembari ‘berkeliaran’ di tengah.

Baca Juga

1. Calon-Calon Suksesor Lainnya

Pemain Liverpool, Mohamed Salah. Foto: REUTERS/Molly Darlington.

Selanjutnya ada Florian Wirtz, yang saat ini bermain di Bayer Leverkusen. Namanya belakangan juga sempat mencuat di pemberitaan-pemberitaan rumor transfer Liverpool.

Tidak sendirian, Liverpool kabarnya harus bersaing dengan sesama rival mereka di Liga Inggris, Chelsea, dalam perburuan tanda tangannya.

Baca Juga

Dari segi usia, Florian Wirtz jauh lebih muda dari Leroy Sane. Pemuda asal Jerman ini merayakan ulang tahunnya yang ke-20 pada bulan Mei lalu.

Ia lebih sering beroperasi sebagai gelandang serang alih-alih winger. Ia juga punya kemampuan bermain di pos second striker.

Untungnya, hal tersebut nampaknya bukan halangan bagi Liverpool untuk membawanya di bursa transfer pemain Januari mendatang.

Apalagi, Jurgen Klopp pun sudah memberi lampu hijau. Ia melihat Florian Wirtz sebagai pemain yang pas menggantikan Mohamed Salah dan cocok dengan skema The Reds.

Baca Juga

Rapor Florian Wirtz di Bayer Leverkusen musim ini juga terlihat menjanjikan. Ia telah mengumpulkan 6 gol dan 9 assist di seluruh kompetisi.

Selain itu, Bayer Leverkusen bersama Xabi Alonso sejauh ini belum pernah terkalahkan di Bundesliga Jerman.

Kini beralih ke Ben Doak, pemain yang bisa direkrut secara murah meriah lantaran sudah lama berada di depan mata Jurgen Klopp.

Ben Doak lebih sering bermain sebagai winger kanan, terlepas dari kemampuanya di wing kiri dan pos penyerang tengah.

Namun jika harus bicara usia dan pengalaman, Ben Doak yang masih 17 tahun tentu kalah dari Leroy Sane dan Florian Wirtz.

Ia memang pemain penuh potensi sebagai suksesor Mohamed Salah, tapi kemungkinan besar masih harus menunggu waktu yang tepat.

Untuk sekarang Jurgen Klopp mungkin akan membiarkan pemainnya itu mengoleksi menit bermain dan pengalaman sebanyak-banyaknya.

Baca Juga
LiverpoolMohamed SalahLiga Primer InggrisLeroy SaneLiga InggrisFlorian WirtzIndepthBen Doak

Berita Terkini