x

Efek Domino Marcelo Gallardo Latih AC Milan: Conte Balik ke Liga Inggris?

Selasa, 7 November 2023 21:07 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Marcelo Gallardo pelatih River Plate

FOOTBALL265.COM – Beberapa kemungkinan yang bakal terjadi setelah AC Milan resmi menunjuk Marcelo Gallardo sebagai pelatih anyar. Ikut berikan dampak buat Antonio Conte.

Sepanjang awal bulan November ini, isu soal Marcelo Gallardo melatih AC Milan memang sedang berhembus kencang, terlebih usai rapor buruk Stefano Pioli di beberapa laga terakhir Rossoneri.

Baca Juga

Tercatat, AC Milan belum pernah lagi raih kemenangan sejak 8 Oktober silam, bahkan mereka baru telan tiga kekalahan beruntun di semua kompetisi yang mereka jalani.

Teranyar, AC Milan harus tunduk dari Udinese dalam lanjutan pekan ke-11 Liga Italia 23/24 dengan skor 0-1 di markas sendiri.

Dengan kekalahan tersebut, AC Milan kini masih tertahan di peringkat tiga klasemen Liga Italia lewat torehan 22 poin. Mereka berjarak enam angka dari Inter Milan sebagai pemuncak.

Meski belum ada pernyataan resmi bahwa manajemen AC Milan bakal mendepak Pioli, namun beberapa waktu terakhir nama Marcelo Gallardo muncul sebagai calon pelatih baru Rossoneri.

Baca Juga

Melihat dari trek rekornya, Marcelo Gallardo merupakan salah satu pelatih muda Argentina yang punya prestasi mentereng di kompetisi domestik.

Khususnya saat Gallardo masih menjabat sebagai pelatih River Plate. Menangani Los Millonarios sejak tahun 2014 hingga 2022 lalu, sang allenatore mampu torehkan 232 kemenangan dari 424 laga.

Catatan gelar juaranya pun terbilang sangat apik, yakni berhasil membawa River Plate merengkuh 14 gelar juara termasuk dua kali kampiun Copa Libertadores serta sekali Copa Sudamericana.

Berbekal statistik apik tersebut, kehadiran Marcelo Gallardo diprediksi bakal bisa membuat AC Milan kembali ke jalur kemenangan dan bersaing di tangga juara.

Andai AC Milan merekrut Marcelo Gallardo, maka akan ada sejumlah skenario yang mungkin terjadi terutama tentang karier Stefano Pioli berikutnya.

Baca Juga

1. Pioli Gabung AC Milan KW

Ekspresi kecewa Antonio Conte pasca laga Tottenham Hotspur vs AC Milan (09/03/23). (Foto: Reuters/Paul Childs)

Sebelum membahas masa depan Pioli, efek domino setelah AC Milan memutuskan untuk menggaet Marcelo Gallardo sebagai pelatih baru juga bakal dirasakan Antonio Conte.

Pasalnya, mantan pelatih Inter Milan ini juga dikabarkan masuk dalam bursa kandidat pengganti Pioli di San Siro.

Baca Juga

Jika AC Milan resmi memilih Marcelo Gallardo, maka kesempatan Conte untuk kembali melatih setelah dipecat Tottenham akan tertutup.

Selain AC Milan, pelatih 54 tahun tersebut juga dirumorkan bakal berlabuh ke Inter Milan dan Juventus.

Namun melihat performa dua tim di atas yang sedang on fire, sepertinya sangat sulit buat Conte mengambil alih kursi kepelatihan.

Satu-satunya kesempatan Conte untuk bisa kembali melatih adalah dengan hengkang ke Liga Inggris dan berharap bisa dilirik Manchester United.

Baca Juga

Seperti diketahui, performa Setan Merah di bawah arahan Erik ten Hag musim ini memang jauh dari kata memuaskan. Tercatat hingga pekan ke-11, mereka masih tertahan di urutan 8 klasemen.

Dengan rapor buruk tersebut, muncul desakan dari para fans untuk mendepak Erik ten Hag dari kursi kepelatihan Manchester United.

Meski belum ada rumor soal Conte ke Manchester United, namun pada tahun 2021 lalu Fabrizio Romano pernah mengungkapkan bahwa sang pelatih terbuka untuk bekerja sama dengan Setan Merah.

Kini dengan kondisi klub yang sedang terpuruk, mungkin manajemen Manchester United bisa memikirkan nama Antonio Conte sebagai opsi pelatih baru mereka.

Baca Juga

2. Pioli Kemana?

Pelatih Stefano AC Milan, Pioli dan penyerang Olivier Giroud. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca/Daniele Mascolo)

Andai resmi tinggalkan AC Milan, dengan bekal scudetto yang diraih bakal membuat Pioli mudah mendapatkan klub baru khususnya di kawasan Italia.

Jika dilihat dari performa musim ini, sepertinya AC Monza punya peluang cukup besar untuk mendatangkan Pioli.

Apalagi AC Monza sangat gemar mencomot para buangan AC Milan. Di musim ini saja, ada dua eks AC Milan di skuat AC Monza yakni Lorenzo Colombo dan Matteo Pessina.

Sedangkan di musim lalu, AC Monza dilatih Giovanni Stroppa yang merupakan bintang Rossoneri era 90-an.

Berkaca dari kedekatan tersebut, tak menutup kemungkinan jika Pioli bisa hengkang ke AC Monza setelah dipecat AC Milan.

Bursa TransferAC MilanAntonio ConteStefano PioliLiga ItaliaBerita TransferMarcello Gallardo

Berita Terkini