x

Siapa Guido Rodriguez? Rival Marc Klok yang Bikin Man United dan Barcelona Sikut-sikutan

Rabu, 8 November 2023 16:54 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Profil Guido Rodriguez, mantan rival Marc Klok yang membuat Manchester United dan Barcelona rela sikut-sikutan pada bursa transfer 2024.

FOOTBALL265.COM - Profil Guido Rodriguez, mantan rival Marc Klok yang membuat Manchester United dan Barcelona rela sikut-sikutan pada bursa transfer 2024.

Team Talk melaporkan bahwa gelandang Argentina yang saat ini membela Real Betis, Guido Rodriguez, menjadi incaran Manchester United.

Baca Juga

Guido Rodriguez masuk daftar incaran Man United karena sosoknya diinginkan Sir Jim Ratcliffe yang akan segera jadi pemilik baru klub Liga Inggris tersebut.

Rodriguez hanya tinggal memiliki sisa kontrak bersama Betis sampai 30 Juni 2024. Sehingga, Manchester United akan bersabar menunggunya sampai berstatus free agent.

Artinya, baik Jim Ratcliffe maupun manajemen Setan Merah tidak akan terburu-buru untuk mendapatkannya di musim dingin atau Januari 2024.

Kabarnya, Jim Ratcliffe bersama Paul Mitchell akan mulai bergerak untuk mendapatkan kesepakatan dengan Rodriguez meskipun sang pemain masih di Betis.

Baca Juga

Hanya saja, langkah mereka akan mendapat persaingan serius dari dua raksasa Liga Spanyol, yakni Barcelona dan Atletico Madrid.

Lantas siapa sebenarnya Guido Rodriguez? Dan ada kehebatannya sampai-sampai dia disebut rival sengit pemain Timnas Indonesia, Marc Klok?

Guido Rodriguez sudah lima musim menjadi andalan Real Betis. Dia juga merupakan salah satu penggawa timnas Argentina.

Saat Argentina menggelar tur ke Asia, Guido tampil melawan timnas Indonesia di Gelora Bung Karno (GBK), 19 Juni 2023.

Dirinya baru masuk pada menit ke-85 menggantikan Leandro Paredes dan menjadi lawan langsung Marc Klok di lini tengah.

Baca Juga

1. Profil Singkat Guido Rodriguez, Incaran Man United

Selebrasi Guido Rodriguez saat laga Liga Europa antara AS Roma vs Real Betis

Lahir di Argentina, Guido Rodriguez mengawali karier sepak bola bersama tim raksasa di negara tersebut, River Plate, pada 2014 di usia 20 tahun.

Minimnya kesempatan membuat ia memutuskan hengkang ke Meksiko 2 musim kemudian untuk membela Tijuana.

Baca Juga

Bersama Tijuana, Rodriguez tampil apik dengan catatan 39 penampilan di liga dan menyumbangkan 5 gol. Akibatnya, ia pun diboyong raksasa Meksiko, Club America, semusim kemudian.

Bersama America, ia terus menunjukkan kualitasnya. Penampilan apiknya pun membuahkan gelar Apertura 2018 dan Clausura 2019 bagi klub barunya dan menjadi Pemain Terbaik Liga Meksiko.

Guido Rodriguez akhirnya diboyong Real Betis pada Januari 2020 lalu. Sejak itu, ia pun tak tergantikan di lini tengah Los Verdes Blancos dengan torehan 8 gol dan 4 assist dalam 158 penampilan.

Sejauh musim ini, Guido Rodriguez mencatat  11 penampilan di ajang Liga Spanyol (LaLiga) dan mampu mencetak  gol dalam prosesnya.

Baca Juga

Sebagai gelandang bertahan, Rodriguez memang minim memberikan sumbangsih gol maupun assist. Namun dia sangat kuat dalam aspek positioning, tekel, dan kontrol bola.

Menurut data Sofascore, Rodriguez dari aspek pertahanan mencatat rata-rata 1,4 kali tekel per pertandingan, 5,5 ball recovery, 1, 1 drible, dan 1,4 sapuan per 90 menit pertandingan.

Permainkan agresifnya di lini sentral inilah yang membuat Guido Rodriguez berperan penting dalam memberikan perlindungan bagi rekan-rekannya di lini belakang.

Tak hanya gemilang di Betis, Guido Rodriguez kini membela timnas Argentina. Sejak debutnya pada 2017 lalu, ia sudah mencatatkan 29 caps, dan ikut tampil di ajang Piala Dunia 2022,  Copa America dan Kualifikasi Piala Dunia.

Dengan gaya bermainnya, tak heran jika Manchester United mengingatkan Guido Rodriguez menggantikan posisi Casemiro yang cedera atau Scott McTominay yang akan dijual pada Januari mendatang. 

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedArgentinaMarc KlokTransfer PemainGuido Rodriguez

Berita Terkini