x

Bedah Formasi Mengerikan Manchester United di Bawah Asuhan Zidane, OTW Tsunami Trofi

Sabtu, 11 November 2023 18:47 WIB
Editor: Juni Adi
Zinedine Zidane di laga Barcelona vs Real Madrid

FOOTBALL265.COM - Zinedine Zidane diisukan akan kembali melatih, klub Liga Inggris (Premier League) Manchester United kabarnya sedangkan mendekatinya. Jika terwujud seperti apa formasinya nanti?

Dalam beberapa waktu terakhir, nama Zinedine Zidane memang santer dikabarkan bakal gantikan posisi Erik ten Hag sebagai juru latih anyar Manchester United.

Baca Juga

Pasalnya, rapor Setan Merah di bawah arahan Erik ten Hag sepanjang musim 23/24 ini terbilang kurang memuaskan bahkan bisa dibilang buruk.

Pada laga teranyarnya, Manchester United harus telan kekalahan 4-3 kontra wakil Denmark, FC Copenhagen pada matchday keempat Liga Champions 23/24, Kamis (09/11/2023) dini hari WIB.

Dengan kekalahan ini, Manchester United melorot ke dasar klasemen Grup A Liga Champions lewat raihan 3 angka. Sedangkan Copenhagen berada di tempat kedua dengan 4 poin.

Secara keseluruhan, ini merupakan kekalahan ke-9 Manchester United di semua ajang yang diikuti sepanjang musim 23/24.

Baca Juga

Berkaca dari rapor buruk tersebut, tak heran jika masa depan Erik ten Hag di Old Trafford kian tak menentu dan berpotensi besar di depak jelang kompetisi berakhir.

Reputasi Zidane sebagai pelatih yang mentereng memang selalu menjadi idaman bagi sejumlah klub untuk menggunakan jasanya, setelah ia saat ini menganggur.

Ia terbilang sukses dengan membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions 3 musim beruntun, prestasi yang belum bisa disamai manajer mana pun.

Selain itu, kehadiran eks Los Blancos di Manchester United seperti Casemiro dan Raphael Varane akan memudahkan adaptasi.

Baca Juga

1. Bedah Formasi Manchester United Bersama Zidane

Zinedine Zidane, pelatih Real Madrid

Zinedine Zidane dikenal sebagai salah satu pelatih yang mengandalkan formasi tiga penyerang di depan dalam formasi 4-3-3.

Hal itu ia lakukan saat masih melatih Real Madrid, dengan menciptakan trio menakutkan Cristiano Ronaldo, Karim Benzema dan Angel Di Maria.

Baca Juga

Menariknya, Zidane tak mengadopsi gaya permainan modern ala Erik ten Hag yaitu membangun serangan dari bawa, sehingga ia membutuhkan kiper dengan tribut mampu memainkan bola.

Sebab di Real Madrid ia memiliki Keylor Navas yang tampil gemilang di bawah mistar gawang. Meski tak dikenal sebagai salah satu kiper spesialis build-up, namun Navas mampu memberikan rasa nyaman di lini belakang.

Di Manchester United, Zidane dituntut untuk mulai menerapkan gaya sepak bola modern karena gaya permainan di Liga Inggris cenderung cepat.

Sehingga membangun serangan harus dimulai dari bawah seperti yang dilakukan oleh Manchester City dan Liverpool.

Baca Juga

Maka dari itu Andre Onana masih akan jadi andalan di bawah mistar gawang, karena ia memiliki kemampuan tersebut sewaktu di Inter Milan.

Sayangnya di Manchester United keahlian itu belum bisa ditunjukkan seiring perbedaan kebutuhan para pemain yang lain.

Di lini belakang, kemungkinan besar Manchester United akan melukan perombakan terutama di sektor bek tengah. Zidane tak lagi mengandalkan Harry Maguire, Victor Lindelof ataupu Raphael Varane dan Jonny Evans.

Beberapa nama baru akan didatangkan sesuai keinginan sang pelatih. Satu nama yang diincar adalah Jean-Clair Todibo. Begitu juga dengan sektor bek sayap.

Baca Juga

Aaron Wan-Bissaka masih jadi andalan, sementara di bek kiri Manchester United bisa memburu pemain baru. Sebab Luke Shaw yang jadi andalan belum bisa tampil karena cedera.

Sergio Reguilon kemungkinan bisa dipermanenkan akhir musim nanti, karena ia merupakan pemain jebolan Real Madrid Castila dan pernah beberapa kali memperkuat tim utama El Real era Zidane.

Zidane tentu paham betul dengan kualitas sang pemain. Perubahan drastis akan terjadi di lini tengah, di mana Zidane hanya akan memainkan tiga gelandang. 

Dua gelandang akan lebih bertugas membantu penyerangan dan mengalirkan bola, sedangkan satu gelandang lain menjadi penyeimbang dan pemutus serangan lawan.

Dua gelandang serang itu kemungkinan besar akan diisi oleh Bruno Fernandes dan Mason Mount. Fernandes di kanan dan Mount di kiri akan mengapit Sofyan Amrabat yang bertugas menjaga kedalaman dan memutus serangan lawan.

Di lini depan, Marcus Rashford bakal menempati pos penyerang kiri, seperti yang kerap ia jalani saat masih menjadi anak buah Erik ten Hag. Posisi ini dan kehadiran Zidane diyakini bisa memaksimalkan potensi Rashford yang ketajamannya mulai menurun.

Sementara itu, penyerang kanan diisi oleh pemain muda Alejandro Garnacho. Pemain muda ini punya kecepatan dan tusukan yang bagus, tapi juga penyelesaian akhir yang klinis. 

Posisi penyerang tengah akan diisi oleh Rasmus Hojlund yang punya finishing mumpuni. Pria asal Denmark ini juga bisa menjadi pemantul bola bagi Rashford dan Bruno Fernandes.

Starting XI MU bersama Zinedine Zidane:

Onana: Wan-Bissaka, Maguire, Jean-Clair Todibo, Reguilon; Fernandes, Amrabat, Mount; Garnacho, Hojlund, Rashford.

Manchester UnitedZinedine ZidaneLiga Inggris

Berita Terkini