x

Siapa Assane Diao? Jelmaan Mo Salah yang Diperebutkan Liverpool dan Chelsea

Sabtu, 11 November 2023 14:38 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Dua klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool dan Chelsea, tengah bertarung di bursa transfer memperebutkan sosok Assane Diao.

FOOTBALL265.COM – Dua klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool dan Chelsea, tengah bertarung di bursa transfer memperebutkan sosok Assane Diao.

Winger milik Real Betis itu menjadi rebutan Liverpool dan Chelsea guna menambah daya serang di sektor Flank masing-masing tim.

Baca Juga

Liverpool membutuhkan Assane Diao sebagai antisipasi jika Mohamed Salah hengkang ke Arab Saudi dalam waktu dekat ini.

Sedangkan Chelsea membutuhkan pemain berusia 18 tahun itu untuk mengisi sektor winger kanan seiring melempemnnya Noni Madueke.

Dilaporkan Mucho Deporte, kedua klub tersebut siap bertarung mendapatkan jasanya dan menebusnya dari Real Betis dengan harga 30 juta poundsterling (Rp575 miliar).

Real Betis pun kabarnya akan sekuat tenaga menahan kepergian wingernya itu, mengingat kontraknya masih tersisa hingga 2027.

Baca Juga

Profil Assane Diao

Assane Diao lahir di Senegal pada 7 September 2005 silam dan kini masih berusia 18 tahun. Posisi aslinya merupakan wiinger kiri, tetapi juga bisa ditempatkan di sisi kanan.

Pengalaman Diao memang masih minim. Sebelum ke Real Betis, ia pertama kali menimba ilmu sepak bola di akademi Cadiz bernama Balon de Cadiz.

Pada Juli 2021, sang winger pindah ke akademi Real Betis yaitu Real Betis Balompie Youth. Karena menunjukan peningkatan performa, ia kemudian dipromosikan ke skuad U-19 setahun kemudian.

Pada Desember 2022 lalu, Diao dimasukan ke Betis Deportivo dan sukses promosi ke tim utama Real Betis sejak bursa transfer musim panas 2023.

Sejak tampil di tim utama Real Betis, Diao pun telah mencatatkan 10 penampilan dan sukses menjaringkan 4 gol di segala ajang.

Lalu bagaimana dengan kualitasnya sendiri? Apakah di usia yang baru seumur jagung itu ia siap untuk membela tim sekelas Liverpool dan Chelsea?

Baca Juga

1. Kualitas Assane Diao

Winger muda Real Betis, Assane Diao. (Foto: Instagram@assandiao.8)

Sebagai winger, Assane Diao punya catatan cukup apik yang membuatnya dijuluki jelmaan Mo Salah karena kemiripan gaya bermain keduanya.

Mo Salah sendiri dikenal sebagai winger tajam yang rutin mencetak gol dan andal dalam melakukan Pressing serta mendobrak pertahanan lawan.

Baca Juga

Siapa sangka, Diao yang baru berusia 18 tahun punya tanda-tanda bisa menjadi The Next Mo Salah dalam musim debutnya di 2023/2024 ini.

Diao punya rataan gol mumpuni dengan catatan 0,49 Non-Penalty Goals (NPG) per 90 menit. Hanya saja, dirinya belum mencatatkan satu assist pun bagi tim utama Real Betis.

Lalu dalam permainan, ia punya akurasi operan sebesar 78,3 persen dari 27,02 percobaan di mana 2,12 operan di antaranya merupakan operan progresif.

Sebagai winger, Diao diberkahi kemampuan dribel mumpuni dengan rataan 3,09 dribel per 90 menit dan kesuksesan melewati lawan sebanyak 2,28 kali per 90 menit.

Baca Juga

Ia pun terbilang aktif dalam memerankan peran winger dengan berani naik menyerang dan turun membantu pertahanan.

Hal ini terlihat dari catatannya yakni rata-rata membuat 2,6 tekel+intersep per 90 menit, membuat 1,95 blok per 90 menit, dan membuat 0,49 sapuan per 90 menit.

Dengan posturnya yang setinggi 1,85 meter itu, pemain berpaspor Spanyol ini kerap memenangi duel udara sebanyak 1,63 kali per 90 menit.

Dengan catatan-catatan itu, Diao tak hanya bisa menjadi winger sekelas Mo Salah, melainkan penyerang tengah yang punya insting gol tinggi.

Baca Juga
Bursa TransferLiverpoolChelseaIn Depth SportsLiga InggrisprofilTransfer PemainIndepthAssane Diao

Berita Terkini