x

Dibantu Jim Ratcliffe Tekel Liverpool, Bedah Formasi Manchester United dengan Andre Trindade!

Minggu, 12 November 2023 06:48 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Santer dihubungkan dengan Liverpool, Andre Trindade kini isunya malah merapat ke tim Liga Inggris lain, Manchester United, di bursa transfer musim dingin 2024. (Foto: REUTERS/Sergio Moraes)

FOOTBALL265.COM - Santer dihubungkan dengan Liverpool, Andre Trindade kini isunya malah merapat ke tim Liga Inggris lain, Manchester United, di bursa transfer musim dingin 2024 mendatang.

Laporan ekslusif dari Jacque Talbot untuk Football Transfers pada Jumat (10/11/23) menyatakan jika kabar tersebut bukan isapan jempol belaka.

Baca Juga

Manchester United siap memboyong Andre untuk menambal sektor gelandang bertahan mereka yang sangat rapuh semenjak menurunnya performa Casemiro.

Ditambah lagi sang bintang Brasil yang sebelumnya tampil oke di 2022/2023 kini tengah menderita cedera lagi. Musim ini bisa jadi musim terakhirnya di Old Trafford.

Usaha untuk meringankan beban Casemiro sebenarnya sudah dilakukan dengan mendatangkan Sofyan Amrabat dari Fiorentina sebagai pinjaman bersyarat namun sejauh ini yang bersangkutan belum menunjukkan permainan menjanjikan.

Itulah kenapa Andre kemudian dikejar. Usianya baru 22 tahun dan sudah menjadi salah satu pemain muda terbaik di Amerika Selatan. Ia cocok dijadikan rekrutan pertama Manchester United di era kepemilikan baru Sir Jim Ratcliffe.

Baca Juga

Bersama klubnya, Fluminense, Andre baru saja menjuarai Copa America 2023 yang mana selevel dengan Liga Champions.

Dari 13 pertandingan, pemilik dua caps Brasil itu memainkan 13 partai ajang tersebut dengan sumbangan satu gol di laga leg pertama babak perempatn final melawan Olimpia.

Mendapakan Andre bagi Manchester United bukan perkara mudah karena seperti yang diketahui ia juga menjadi banyak incaran kesebelasan Liga Inggris.

Selain Liverpool, Fulham dan Arsenal juga berminat. Namun Manchester United harus tetap mati-matian mengejar midfielder satu ini karena kualitas yang bisa ia tawarkan.

Baca Juga

1. Jelmaan Kante

NGolo Kante.

Andre Trindade adalah seorang gelandang bertahan yang sudah berevolusi menjadi potongan puzzle berharga untuk sepakbola modern.

Fisiknya tidak terlalu menonjol namun football IQ yang di atas rata-rata membuatnya justru unggul di posisi tersebut. Seperti N'Golo Kante di masa jayanya.

Baca Juga

Bersama Fluminense, kelebihan Andre dalam melakukan build up juga pressing jadi senjata andalan.

Ia nyaman bermain di depan empat bek. Bahkan di beberapa skenario pemain kelahiran Algodao, Brasil, tersebut bisa ditempatkan sebagai defender sentral darurat meski tingginya hanya 176 cm.

Namun posisi terbaik Andre tetaplah 'nomor 6'. Jika diberi kebebasan, ia bisa bersinar di sana terutama saat dibiarkan melakukan dribel sebelum menemukan rekan yang terbuka untuk menciptakan peluang.

Statistik menunjukkan di kasta teratas Liga Brasil 2022 lalu Andre bisa menuntaskan 73 dribel sukses dengan akurasi 71,6% menempatkannya sebagai pemain terbaik ketiga dalam kompetisi tersebut.

Baca Juga

Saat lawan menguasai bola juga dimana Andre semakin berkilau. Ia pandai dalam melakukan pressing dan memenang bola kembali. Terutama dalam formasi 4-3-3 yang juga biasa diterapkan di Manchester United.

Perkiraan formasi Manchester United dengan Andre Trindade.

Tercatat sejak 2022, sebanyak 62,3% duel yang ia lakukan berujung pada kemenangan dalam semua ajang untuk Fluminense. Ini lebih baik ketimbang Kante yang di musim terbaiknya (2017/2018) dalam hal pressing sekalipun cuma mencatatkan 60,2%.

Manchester United mungkin tidak boleh berharap langsung pada Andre Trindade untuk bisa menggantikan Casemiro seutuhnya namun mereka akan mendapatkan pemain dengan masa depan cerah.

Apalagi dengan merekrutnya di bursa transfer musim dingin nanti juga akan menjegal Liverpool dan rival Liga Inggris lain ketiban durian runtuh.

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedLiga InggrisIndepthAndre Trindade

Berita Terkini