x

Man United Wajib Waspada, Sir Jim Ratcliffe Datang Bersama ‘Kutukan INEOS’

Rabu, 15 November 2023 15:58 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, wajib waspada dengan kedatangan Sir Jim Ratcliffe menyusul adanya ‘Kutukan INEOS’.

FOOTBALL265.COM – Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, wajib waspada dengan kedatangan Sir Jim Ratcliffe menyusul adanya ‘Kutukan INEOS’.

Seperti yang diketahui, Sir Jim Ratcliffe lewat INEOS akan mengakuisisi saham Manchester United sebesar 25 persen dari Keluarga Glazers.

Baca Juga

Saham 25 persen ini membuat Sir Jim Ratcliffe berkesempatan memegang kendali dari sisi olahraga di klub berjuluk Setan Merah tersebut.

Banyak pihak meyakini bahwa keputusan ini bisa berbuah manis seiring buruknya pengelolaan Glazer dari sisi olahraganya.

Tapi faktanya orang terkaya di Britania Raya itu justru bisa saja membuat Man United makin terpuruk ketimbang bersama Glazer.

Sebab, Ratcliffe dikenal dengan ‘Kutukan INEOS’ di mana setiap tim olahraga yang diakuisisinya berubah dari pemenang menjadi pecundang. Apa saja buktinya?

Baca Juga

1. Tim Layar Ben Ainslie

Pada 2021 lalu, Sir Jim Ratcliffe bersama INEOS-nya menjadi investor bagi atlet berlayar Inggris, Ben Ainslie yang punya rekam jejak mentereng.

Ben Ainslie sendiri adalah atlet berlayar tersukses sepanjang sejarah Olimpiade dengan memenangkan medali empat di empat edisi berturut-turut sejak tahun 2000 hingga 2012.

Pada 2021, Sir Jim Ratcliffe dan INEOS mendanai Ben Aisle 100 juta poundsterling untuk tampil di American Cup atau Piala Amerika 2021.

Dengan suntikan dana besar, diyakini Ben Ainslie bisa menang besar dan mempertajam rekornya dalam cabang olahraga berlayar.

Tapi apa daya, di Piala Amerika 2021 Ben Ainslie harus tersungkur di semifinal dari Tim Luna Rossa dengan skor memalukan yakni 1-7.

Baca Juga

1. 2. Tim Mercedes F1

Sir Jim Ratcliffe.

Mundur setahun ke belakang, Sir Jim Ratcliffe bersama INEOS bergabung dengan tim Mercedes F1 dengan menyepakati kesepakatan sponsor sebesar 100 juta poundsterling.

Beberapa bulan setelahnya, pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, mampu meraih gelar juara dunia ketujuhnya atau keempat secara beruntun pada 2020.

Karena keberhasilan itu, Sir Jim Ratcliffe kemudian membeli sepertiga saham tim balap tersebut dengan biaya 350 juta poundsterling.

Siapa sangka, hadirnya Sir Jim Ratcliffe dalam tim Mercedes justru membuat pabrikan asal Inggris justru mengalami kemunduran.

Kemunduran ini terlihat di mana Red Bull lewat pembalapnya, Max Verstappen, berhasil menghancurkan dominasi Mercedes dan menjadi juara di tiga edisi terakhir dari 2021 hingga 2023.

Baca Juga

3. Tim Balap Sepeda Team Sky

Pada 2018, Sir Jim Ratcliffe membeli tim sepeda yakni Team Sky yang telah memenangkan enam dari tujuh kejuaraan Tour de France.

Setelah diakuisisi, tim balap sepeda itu berubah nama menjadi Tim INEOS yang berhasil menjadi juara tiga bulan pasca akuisisi itu.

Tapi setelah mendapat tambahan modal dari Sir Jim Ratcliffe, tim INEOS justru melempem dan gagal menjadi juara di empat edisi terakhir Tour de France dari 2020 hingga 2023.

Kutukan INEOS ini bahkan berlanjut ke klub sepak bola FC Lausanne-Sport di Swiss yang degradasi dari kasta teratas setelah Sir Jim Ratcliffe tiba.

Atau tim Rugbi Selandia Baru yang kalah di Eropa usai dirinya menyuntikkan dana fantastis sebesar 25,3 juta poundsterling.

Baca Juga
Manchester UnitedLiga InggrisTRIVIASir Jim RatcliffeIndepth

Berita Terkini