x

Siapa Patrick Dorgu? Berlian Milik Lecce yang Dibidik oleh Liverpool

Rabu, 15 November 2023 14:14 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, berpeluang besar menggaet Patrick Dorgu pada bursa transfer Januari 2024.

FOOTBALL265.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, berpeluang besar menggaet Patrick Dorgu pada bursa transfer Januari 2024.

Hal ini tak lepas dari agen pemain Lecce itu yakni Kingsley Ogbodo yang menyebut bahwa kliennya itu bisa saja bergabung Liverpool saat waktunya tiba.

Baca Juga

Saat ini, Patrick Dorgu tengah mencoba mengasah talentanya dan berkembang lebih jauh sebelum memutuskan masa depannya kelak.

Kabar tersebut pun menjadi angin segar bagi Liverpool yang telah meminatinya sejak lama untuk mengisi pos bek kirinya kelak.

Klub berjuluk The Reds itu membutuhkan bek kiri baru seiring rentan cederanya Andrew Robertson. Di samping itu performanya mengalami penurunan drastis.

Karena Dorgu masih muda, Liverpool ingin mendatangkannya dan memproyeksikannya sebagai deputi Robertson sebelum menggantikan perannya.

Baca Juga

Profil Patrick Dorgu

Patrick Dorgu merupakan pemain profesional yang lahir di Denmark pada 26 Oktober 2004 silam. Ia merupakan pemain didikan dari akademi asal Denmark bernama FC Nordsjaelland Youth.

Saat masih bermain di Nordsjaelland U-19, Dorgu sempat dipinjamkan ke Lecce U-19 pada bursa transfer musim panas 2022 lalu.

Peminjaman ini berbuah manis, di mana ia langsung membuat kejutan dengan membawa Lecce U-19 meraih gelar juara liga Primavera (U-19) untuk pertama kalinya dalam 19 tahun terakhir.

Karena penampilan itu, dirinya ditebus oleh Lecce pada bursa transfer musim panas 2023 dengan harga murah yakni 200 ribu euro saja.

Usai ditebus, Dorgu menjadi andalan Lecce di sektor Flank kiri pertahanannya. Tercatat musim ini ia telah tampil sebanyak 14 kali di berbagai ajang dengan sumbangan 1 assist.

Lalu bagaimana dengan kualitas Patrick Dorgu? Akankah ia bisa menjadi penerus Andrew Robertson di Liverpool kelak?

Baca Juga

1. Kualitas Patrick Dorgu

Aksi pemain muda Lecce, Patrick Dorgu di laga melawan Juventus pada 26 September 2023 lalu.

Sebagai bek kiri atau Fullback, Patrick Dorgu bisa saja tak cocok dengan Liverpool karena minimnya kemampuannya dalam menyerang.

Tapi secara keseluruhan, penampilan Dorgu membuatnya bisa menjadi bek kiri masa depan Liverpool karena potensi yang dimilikinya.

Baca Juga

Sebagai bek kiri, Dorgu memang baru mencetak satu assist. Tapi kreativitasnya bisa terlihat dari kemampuannya membuat 3,05 Shot-Creating Actions (SCA) per 90 menit.

Lalu Dorgu juga kerap aktif dalam permainan. Tercatat ia rata-rata melepaskan 57,55 operan per 90 menit dengan akurasi operan mencapai 81persen.

Ia pun kerap melepaskan operan progresif sebanyak 3,94 kali per 90 menit disertai kemampuan melakukan tusukan sebanyak 2,33 kali per 90 menit.

Dalam melakukan tusukan itu, Dorgu pun rata-rata mampu melewati lawan sebanyak 1,08 kali per 90 menit bersama Lecce.

Baca Juga

Soal bertahan, Dorgu juga aktif membantu pertahanan timnya dengan jumlah tekel yang tinggi yakni sebanyak 3,76 kali per 90 menit dan intersep sebanyak 0,54 kali per 90 menit.

Catatan itu dibarengi rataan 1,61 blok per 90 menit dan sapuan sebanyak 2,87 kali per 90 menit serta memenangi duel udara sebanyak 1,26 kali per 90 menit.

Dengan catatan-catatan apiknya di usia muda ini, Dorgu bisa menjadi jawaban jika Robertson nantinya pergi dari Liverpool.

Catatan-catatan itu bisa saja bertambah apik di musim yang akan datang mengingat usianya yang masih muda dan masih bisa berkembang lebih jauh.

Baca Juga
Bursa TransferLiverpoolIn Depth SportsLiga InggrisprofilTransfer PemainIndepth

Berita Terkini