x

Bryan Mbeumo: Mesin Gol Brentford yang Masuk Daftar Belanja Man United

Kamis, 23 November 2023 14:17 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, dikaitkan dengan Bryan Mbeumo jelang bursa transfer Januari 2024.

FOOTBALL265.COM – Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, dikaitkan dengan Bryan Mbeumo jelang bursa transfer Januari 2024.

Rumor ini berkembang seiring adanya anggapan bahwa penyerang berpaspor Kamerun itu layak untuk menambal masalah di lini serang Manchester United.

Baca Juga

Saat ini, klub berjuluk Setan Merah itu memang tengah menghadapi masalah pelik di lini depan. Karenanya, bomber milik Brentford ini disebut bisa menjadi jawaban tepat.

Apalagi Mbeumo bisa bermain di sektor winger maupun jadi penyerang tengah. Kebetulan dua posisi ini tengan menjadi masalah bagi Man United musim ini.

Di samping itu, Mbeumo tak punya harga yang terbilang mahal, sehingga Man United bisa mendatangkannya pada musim dingin 2024 nanti.

Diyakini harga 35 juta poundsterling bisa membuat Brentford melepas top skornya di Liga Inggris musim 2023/2024 tersebut.

Baca Juga

Profil Bryan Mbeumo

Bryan Mbeumo lahir di Avallon, Prancis, pada 7 Agustus 1999. Ia adalah pemain berkebangsaan Kamerun yang mengawali karier profesionalnya dari klub Liga Prancis, Troyes.

Penampilannya yang cemerlang bersama Troyes U-19 dan Troyes B membuatnya dipromosikan ke tim utama pada 1 Juli 2018.

Tak butuh waktu lama, pemain yang kini berusia 24 tahun itu pun langsung menuai sorotan dari klub divisi 2 Liga Inggris, Brentford.

Klub berjuluk The Bees tersebut akhirnya mendatangkan Bryan Mbeumo dari Troyes pada 5 Agustus 2019 dengan mahar Rp112 miliar. Sejak saat itu, ia tak tergantikan di lini depan Brentford.

Sejak bergabung pada 2019 lalu, Mbeumo telah tampil sebanyak 187 kali bagi Brentford di segala ajang, dengan catatan 47 gol dan 38 assist.

Lalu bagaimana dengan kualitas Byran Mbeumo? Bisakah ia menjadi solusi dari tumpulnya lini serang Manchester United?

Baca Juga

1. Kualitas Bryan Mbeumo

Penyerang Brentford, Bryan Mbeumo. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

Selama bermain bagi Brentford, Bryan Mbeumo tercatat banyak memainkan banyak posisi, di mana ia kerap menjadi gelandang serang, winger, maupun penyerang tengah.

Di musim ini, dirinya lebih banyak bertindak sebagai penyerang tengah bagi Brentford, seiring absennya Ivan Toney akibat sanksi akibat berjudi.

Baca Juga

Di musim ini pula Mbeumo telah tampil sebanyak 12 kali di Liga Inggris dengan menorehkan 6 gol dan 2 assist yang melebihi catatannya di musim-musim sebelumnya.

Jika dilihat dari angka, Mbeumo tercatat mencetak 0,31 Non-Penalty Goals (NPG) per 90 menit dari rata-rata 2,36 tembakan yang ia buat dan membuat 0,28 assist per 90 menit.

Tak hanya tajam, ia pun kerap mengkreasikan peluang bagi rekan-rekannya, dengan mencatatkan 3,61 Shot-Creating Actions (SCA) atau tindakan berbuah tembakan per 90 menit.

Dalam permainan, Mbeumo rata-rata membuat 35,11 operan per 90 menit dengan akurasi 67,1 persen per 90 menit, yang dibarengi kemampuannya dalam dribel.

Baca Juga

Dalam dribel, Mbeumo rata-rata membuat 2,67 tusukan per 90 menit dengan kesuksesan melewati lawan sebanyak 1,26 kali per 90 menit.

Satu keunggulan Mbeumo adalah kemauannya membantu pertahanan. Tercatat ia rata-rata membuat 1,38 tekel dan intersep per 90 menit.

Di samping itu, ia juga aktif bertahan di Final Third dengan rataan 0,88 blok dan 0,69 sapuan per 90 menit, yang akan menguntungkan timnya saat bertahan total.

Dengan harga yang murah dan kualitas mumpuni, Mbeumo akan jadi pembelian cerdas bagi Man United. Apalagi jika hanya menjadi pelapis Rasmus Hojlund.

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedIn Depth SportsLiga InggrisprofilTransfer PemainIndepth

Berita Terkini