x

Bedah Kualitas Evan Ferguson, Bocah 18 Tahun yang Auto Cadangkan Hojlund di Man United

Jumat, 24 November 2023 06:17 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Juni Adi
Simak bedah kualitas Evan Ferguson (Brighton & Hove Albion), yang siap cadangkan Rasmus Hojlund di klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

FOOTBALL265.COM – Simak bedah kualitas Evan Ferguson (Brighton & Hove Albion), yang siap cadangkan Rasmus Hojlund di klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

Manajer Manchester United, Erik ten Hag, pastinya full senyum setelah bomber Brighton & Hove Albion, Evan Ferguson, bakal merapat ke Old Trafford pada bursa transfer 2024.

Baca Juga

Ketertarikan pelatih asal Belanda itu tentu didasari dari penampilan bomber asal Irlandia yang sudah mencetak lima gol dari 11 laga di Liga Inggris 2023/2024.

Dilansir dari Team Talk, striker berusia 18 tahun itu dipercaya dapat pindah ke Manchester United pada bursa transfer selanjutnya lantaran Brighton akan merestui hal tersebut.

Namun, Manchester United harus melakukan dua hal ini agar dapat mewujudkan kedatangan Evan Ferguson pada bursa transfer berikutnya.

Mantan pemain ternama di Liga Inggris, Paul Robinson, tak memungkiri bahwa Ferguson bakal menerima pinangan sang peraih 20 gelar Premier League itu.

Baca Juga

Pasalnya, Robinson yakin bahwa Ferguson adalah pemain yang ambisius dalam kariernya sehingga memperbesar kans sang pemain dapat bermain untuk Manchester United jika mereka serius ingin menggaetnya.

Hanya saja, ada dua hal menurut Robinson yang harus diwujudkan Man United jika serius ingin meminang Evan Ferguson pada bursa transfer berikutnya.

Pertama adalah menyiapkan dana minimal 65 juta euro (setara Rp1,1 triliun). Kedua, bermain di Liga Champions musim depan.

Jika semua syarat terpenuhi dan sang pemain akhirnya membela Manchester United, Evan Ferguson dapat membuat Rasmus Hojlund auto cadangan sebagaimana bedah kualitasnya ditelaah oleh INDOSPORT.

Baca Juga

1. Evan Ferguson Unggul Jauh daripada Hojlund

Evan Ferguson, pemain Brighton & Hove Albion.

Berusia dua tahun lebih muda, tak menjadikan Evan Ferguson ‘kerdil’ di hadapan Rasmus Hojlund yang merupakan bomber utama Manchester United saat ini.

Malah dari statistiknya, Evan Ferguson unggul lebih jauh daripada Rasmus Hojlund, bahkan dari gol di Liga Inggris sekalipun.

Baca Juga

Bomber asal Irlandia itu sudah mencetak lima gol dari 11 penampilan, sedangkan Rasmus Hojlund belum menjaringkan satu pun gol.

Namun, tentu saja kualitas seorang penyerang sebenarnya tidak diukur dari jumlah golnya saja, ada kualitas seberapa baik penyerang itu memanfaatkan peluang yang dapat dilihat dari expected goals (xG).

Menurut Fbref, Evan Ferguson mencatatkan xG 2,7, sedangkan Rasmus Hojlund mencatatkan xG 2,5 yang menunjukkan bahwa sebenarnya striker asal Denmark ini sedikit lebih baik dalam memanfaatkan peluang.

Pasalnya, dengan xG 2,7 berarti Ferguson beberapa kali tidak mampu memaksimalkan peluang yang seharusnya menjadi gol

Baca Juga

Sementara itu, Hojlund yang nirgol dengan xG 2,5, ada kemungkinan minimnya kreativitas di Man United meskipun sang pemain berada dalam posisi yang bagus untuk mencetak gol dan menyelesaikannya dengan baik.

Soal memanfaatkan peluang Hojlund memang lebih unggul, tetapi soal akurasi tembakan ke gawang, Ferguson unggul jauh.

Evan Ferguson menceploskan 13 tembakan tepat sasaran dari 18 total shooting dengan akurasi 72,2 persen, berbeda jauh dengan Rasmus Hojlund (4/14) dengan akurasi 28,6 persen.

Mengenai total umpan pun, Evan Ferguson juga unggul lebih jauh dengan 86,6 persen berbanding 73,5 persen dari Rasmus Hojlund.

Dengan akurasi umpan yang terbilang tinggi, Evan Ferguson tentu juga berjasa dalam membangun serangan di Manchester United nanti.

Dengan jumlah gol dan akurasi umpan yang lebih unggul, Evan Ferguson kemungkian besar dapat membuat Rasmus Hojlund cadangan di Manchester United nanti.

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedLiga Primer InggrisIn Depth SportsLiga InggrisBerita TransferIndepthEvan Ferguson

Berita Terkini