x

Jacksen F Tiago Saksikan Piala Dunia U-17, Boyong Pemain ke Persis Solo Youth?

Jumat, 24 November 2023 13:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Direktur Akademi Persis Solo, Jacksen F. Tiago menyempatkan hadir ke Media Center Piala Dunia U-17 di Surabaya. (Foto: Media Center Piala Dunia U-17 Surabaya)

FOOTBALL265.COM - Direktur Akademi Persis Solo, Jacksen F Tiago, menilai tim senior tak mungkin mencari pemain di Piala Dunia U-17 2023. Juan Hernandez dkk. memiliki pangsa pasar di Eropa.

Jacksen Tiago menjadi pelaku sepak bola nasional yang rutin menyaksikan Piala Dunia U-17. Jacksen turut mengajak para pemain dari Persis Solo Youth.

Baca Juga

Jacksen Tiago mengaku terkesima dengan performa tim-tim kontestan Piala Dunia U-17. Meski baru berusia 16-17 tahun, para pemain sangat tenang dalam menguasai bola.

Beberapa nama pun diakui Jacksen Tiago tampil sangat menonjol. Gelandang serang Spanyol, Juan Hernandez, menjadi sosok spesial dari Spanyol.

Juan yang berstatus pemain muda FC Barcelona ini menjadi otak dari serangan Spanyol. Begitu pula dengan gelandang Mali, Hamidou Makalou.

"Pemain Mali yang nomor 17 (Mamadou Dombia) bagus. Center back Panama nomor 3 (Martin Krug) juga tampil bagus. Ada beberapa nama yang ada di catatan saya," kata Jacksen Tiago.

Baca Juga

Brasil tentu saja menjadi negara yang diamati Jacksen Tiago. Ia menyaksikan Brasil saat melibas Ekuador dengan skor 3-1.

Momen ini menjadi istimewa karena status Jacksen Tiago sebagai warga negara Brasil. Jacksen Tiago mengenal staf yang ada di Brasil U-17 karena pernah mengambil lisensi kepelatihan bersama-sama.

Makanya, Jacksen Tiago punya kesempatan mengunjungi penginapan Brasil di Kota Solo. Ia mengetahui banyak informasi tentang status pemain Brasil di Piala Dunia U-17 2023.

"Kalau Brasil, saya tahu ada banyak pemainnya yang berkualitas. Para penyerangnya hampir semua sudah dijual ke luar negeri," kata Jacksen Tiago.

Baca Juga

Namun begitu, Jacksen Tiago menilai pengamatan itu tak dalam maksud untuk diincar tim senior Persis Solo. Menurutnya, Piala Dunia U-17 sudah berada di level yang sangat berbeda.

Juan Hernandez, Hamido Makalou, Mamadou Doumbia, Martin Krug hingga Estevao banyak diincar klub Eropa. Mereka tak mungkin berpikir untuk berkarier di Indonesia dalam usia muda.

Baca Juga

"Mereka berada di level atas, mereka tidak mungkin ke Indonesia (di usia muda). Umurnya masih muda, baru 16 tahun, 17 tahun," ungkap Jacksen Tiago.

"Tidak mungkin Persis Solo akan merekrutnya atau punya harapan untuk merekrutnya. Pemain-pemain itu punya pasar di Eropa. Tidak mungkin ke level kita ini," ungkap Jacksen Tiago.

Jacksen Tiago pun berbicara tentang sosok Arkhan Kaka Putra Purwanto yang jelas sudah menjadi milik Persis Solo. Jacksen menilai Arkhan Kaka punya harapan untuk menjadi penyerang besar.

Sebagai mantan penyerang yang sukses di Indonesia, Jacksen melihat Arkhan Kaka sudah punya bekal lengkap. Maka, nasib akan berbicara setelah Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga

"Saya rasa dia sudah ada di jalur yang benar. Segala hal yang dibutuhkan oleh seorang striker sudah dia miliki. Sekarang tinggal nasib saja, apakah dia akan ke luar negeri atau tetap berada di sini," tutur Jacksen Tiago.

Jacksen Tiago senang melihat Arkhan Kaka bisa mencetak dua gol di Piala Dunia U-17 2023. Jacksen melihat Arkhan Kaka bekerja keras selama berada di tim Persis Solo.

"Dulu dia masuk saat umur 15 tahun, sudah kelihatan kelebihan-kelebihan dia, dan perkembangan secara fisik yang luar biasa. Dia datang kurus, sekarang sudah kekar," papar Jacksen Tiago.

Jacksen Tiago mendukung Arkhan Kaka ke luar negeri jika ada tim yang mau meminangnya. Jacksen menyebut delapan negara yang sangat bagus dalam pembinaan, seperti Inggris, Belgia, Italia hingga Brasil.

Baca Juga
Persis SoloPiala Dunia U-17Jacksen F. TiagoLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini