x

Mengintip Kekuatan 5 Pemain Liverpool yang 'Ditakuti' Pep Guardiola

Sabtu, 25 November 2023 12:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Lima pemain Liverpool mendapat mention khusus dari Pep Guardiola jelang laga kontra Manchester City. Foto: REUTERS/Dylan Martinez.

FOOTBALL265.COM - Jelang laga Liga Inggris Manchester City vs Liverpool, Sabtu (25/11/23), Pep Guardiola menyebut lima pemain yang menurutnya tangguh di kubu lawan.

Seperti diketahui, Manchester City akan menghadapi pertandingan krusial menghadapi Liverpool pekan ini.

Kemenangan pasti akan diincar keduanya karena Manchester City dan Liverpool hanya berselih satu poin saja di klasemen sementara.

Erling Haaland dkk saat ini masih bertahan di puncak klasemen dengan raihan 28 poin, sedangkan The Reds berada persis di bawah mereka dengan 27 poin.

Jelang pertandingan dua raksasa Liga Inggris, Pep Guardiola pun memuji Liverpool yang menurutnya punya lima pemain hebat di skuad Jurgen Klopp.

Mereka adalah Luis Diaz, Darwin Nunez, Dominik Szoboszlai, Mohamed Salah, dan Ryan Gravenberch.

Baca Juga

“Tidak ada keraguan. Mereka [Liverpool] adalah tim fantastis,” ucap Pep Guardiola, dikutip dari Anfield Watch.

Tentu saja, nama-nama yang disebut Pep Guardiola tersebut punya peran besar dalam permain Liverpool di lapangan.

Masing-masing mereka punya kelebihan yang bisa diandalkan Jurgen Klopp untuk memenangkan pertandingan. Seperti apa?

Luis Diaz

Pemain yang satu ini hanya butuh waktu seumur jagung untuk beradaptasi di Liverpool setelah didatangkan dari FC Porto pada 2022 lalu.

Baca Juga

Alih-alih bingung, ia langsung ngegas tidak lama setelah mendarat di skuad Jurgen Klopp. Posisi yang ditinggal Sadio Mane pun digantikannya dengan cukup baik.

Berposisi natural sebagai winger kiri, Luis Diaz dikenal sebagai pemain dengan skill yang tajam.

Bersama Timnas Kolombia, ia bahkan sempat mencatatkan diri sebagai top skor Copa America 2021 dengan 4 gol, menyaingi megabintang Argentina, Lionel Messi.

Namun, alih-alih winger tradisional yang rajin melepaskan crossing, ia lebih kerap melakukan tusukan ke kotak penalti.

Selain itu, ia juga lihai dalam duel udara. Beberapa golnya saat di FC Porto pun sempat dicetak lewat aksi sundulan.

Dalam beberapa waktu terakhir, kondisi Luis Diaz memang sempat jadi sorotan karena kasus penculikan sang ayah oleh pemberontak Kolombia.

Meski begitu, ia ternyata masih bisa gacor di lapangan dan mencetak gol di pertandingan kontra Luton Town. 

Baca Juga

1. 4 Pemain Lainnya

Selebrasi para pemain Liverpool usai mencetak gol. Foto: REUTERS/Dylan Martinez.

Darwin Nunez

Sempat dikritik pedas dan disebut-sebut sebagai titisan Andy Carroll, Darwin Nunez saat ini mulai menunjukkan tanda-tanda kebangkitan.

Selain Jurgen Klopp, Marcelo Bielsa yang menangani Timnas Uruguay juga berperan besar dalam proses perubahan Darwin Nunez ke arah yang lebih baik.

Sekarang Darwin Nunez layak menegakkan kepala karena ia bukan lagi pemain ‘abal-abal’ yang naluri mencetak golnya dipertanyakan.

Jurgen Klopp pun sudah melempar pujian untuk pemainnya yang satu ini. Menurutnya, Darwin Nunez tampil cukup baik pada awal musim 2023/2024.

Ia bisa mencetak berbagai macam gol, yang variatif dan berbeda-beda.

Hanya saja, kemungkinan besar Darwin Nunez akan disimpan di bangku cadangan karena ia baru saja kembali dari agenda timnas.

Baca Juga

Untuk mengisi tempatnya di starting line up, Jurgen Klopp bisa memasang Cody Gakpo bersama Mohamed Salah dan Diogo Jota.

Dominik Szoboszlai

Sama seperti Luis Diaz, Dominik Szoboszlai tidak butuh waktu lama untuk jadi pemain favorit publik Anfield.

Ia siap membuat repot para pemain Manchester City di lapangan tengah dan belum lama ini juga tampil impresif bersama Timnas Hungaria.

Perpaduan Steven Gerrard dan Xabi Alonso dalam dirinya pun harus diwaspadai siapa pun lawan Liverpool, termasuk The Citizens nanti malam.

Mohamed Salah

Rasanya tidak mungkin apabila nama pemain yang satu ini tidak ada dalam daftar pemain Liverpool yang patut diwaspadai.

Jangankan Pep Guardiola, publik sepak bola bahkan sudah tau seperti apa kualitas Mohamed Salah selama berada di Liverpool.

Liverpool adalah klub yang membantunya bersinar setelah dahulu gagal di Liga Inggris bersama Chelsea.

Bersama The Reds, Mohamed Salah menjelma sebagai pemain yang banyak mencetak gol dan memecahkan rekor. Manchester City tentu harus hati-hati.

Selain itu, Mohamed Salah saat ini menguntit ketat Erling Haaland di daftar top skor Liga Inggris 2023/2024. Mereka hanya berselisih 3 gol.

Erling Haaland yang mengantongi 13 gol dan memuncaki daftar, masih sangat mungkin dikudeta Mohamed Salah yang ada di peringkat kedua.

Baca Juga

Ryan Gravenberch

Kini jadi penantang reguler di starting line up Liverpool, terutama setelah tampil gemilang di pertandingan kontra Toulouse di Liga Europa beberapa waktu lalu.

Menurut asisten Jurgen Klopp, Pep Lijnders, Ryan Gravenberch yang sekarang sudah menemukan kembali performa terbaiknya seperti dulu saat masih di Ajax.

Perkembangan Ryan Gravenberch ini pun tidak berbeda jauh dari Darwin Nunez, semua berkat Jurgen Klopp yang kerap memberinya menit bermain.

Tidak hanya di Liga Inggris, gelandang berusia 21 tahun tersebut juga dipercaya tampil di Carabao Cup dan Liga Europa. 

Baca Juga
LiverpoolManchester CityMohamed SalahPep GuardiolaLiga Primer InggrisLiga InggrisTRIVIARyan GravenberchDominik SzoboszlaiDarwin NunezLuis DiazIndepth