x

Ivar Jenner Pulih dari Cedera, 3 Bintang Timnas Indonesia Ini Berpotensi Tersingkir dari Starting XI

Senin, 27 November 2023 07:15 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi gelandang Timnas U-23, Ivar Jenner usai mencetak gol ke gawang Turkmenistan pada laga Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/09/23).

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia baru-baru mendapat angin segar dari kabar kondisi Ivar Jenner. Sebelumnya gelandang berusia 19 tahun itu sudah cukup lama absen membela skuad Garuda karena cedera.

Alhasil Ivar Jenner tak ambil bagian untuk memperkuat timnas Indonesia sejak putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Baca Juga

Ivar tidak dibawa Timnas Indonesia kala membantai Brunei Darussalam dua kali dengan total kemenangan 12-0 pada jeda internasional Oktober silam.

Teranyar, pemain berttinggi 188 cm yang main untuk Jong Utrecht (tim U-21) di kompetisi Belanda itu juga absen saat Timnas Indonesia senior melakoni dua laga awal putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup F.

Absennya Ivar Jenner dirasakan banget oleh Shin Tae-yong karena lini tengah timnya tampil melempem, ditambah lagi Marselino Ferdinan yang jadi andalan juga absen.

Hal itu dibuktikan dengan dua hasil mengecewakan dua laga awal Grup F melawan Irak dan Filipina. Timnas Indonesia kalah 1-5 dari Irak dan ditahan imbang 1-1 oleh Filipina.

Baca Juga

"Absennya dia dan Ivar Jenner jelas membuat kami agak kesusahan. Selain itu, juga perjalanan panjang yang membuat kami mengalami kesulitan ini," imbuh Shin Tae-yong.

Kabar baiknya, Ivar mengabarkan bahwa cedera yang dialaminya sudah mulai membaik. Gelandang berdarah Belanda - Indonesia itu pun mengklaim siap membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 yang akan digelar di Qatar mulai Januari 2024 mendatang.

“Saya harap saya kembali pada periode selanjutnya, pada Januari bersama Timnas (Indonesia),” tulis Ivar saat menjawab pertanyaan warganet di akun Instagram pribadinya, @ivarjnr, Minggu (26/11/2023).

"Saya sudah tak sabar membela Timnas Indonesia di Piala Asia," imbuhnya.

Kembalinya Ivar Jenner ke timnas Indonesia nanti bisa menghadirkan petaka bagi sejumlah nama karena ia terancam tersingkir dari tim inti di Piala Asia 2024, siapa saja yang berpotensi?

Baca Juga

1. Rachmat Irianto

Pemain Timnas Indonesia, Rizky Ridho mengontrol bola pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina di Rizal Memorial Stadium, Selasa (21/11/23).

Nama pertama yang bisa tersingkir adalah gelandang Persib Bandung, Rachmat Irianto. Ia berpotensi turun ke daftar cadangan di timnas Indonesia pada Piala Asia 2024 mendatang.

Sebab pulihnya Ivar Jenner akan membuat stok gelandang menumpuk dan persaingan semakin ketat. Tetapi pemain FC Utrecht itu lebih dipilih Shin Tae-yong ketimbang Irianto.

Baca Juga

Padahal Irianto pernah menjadi bagian tak tergantikan di skuad timnas Indonesia utamanya ketika tampil di Piala AFF. Sayangnya performanya mulai tergantikan di starting XI.

Marc Klok

Pemain Persib Bandung ini gagal menjadi jenderal lapangan tengah ketika diberi tugas sebagai gelandang bertahan, untuk menghentikan derasnya serangan para pemain Irak.

Juga sebagai metronom untuk menjaga tempo sekaligus penghubung antarlini. Biasanya sang pemain tampil baik, namun tidak untuk laga kali ini.

Grogi atau tidak, Klok beberapa kali melakukan blunder fatal. Gol pertama terjadi karena kesalahannya menguasai bola di depan kotak penalti sendiri.

Baca Juga

Klok juga berandil besar pada gol ketiga yang dicetak Osama Rashid (60'). Komunikasinya yang buruk dengan Asnawi membuat bola tak bisa dibuang dengan baik dari lini pertahanan.

Untuk gelandang tengah, Klok bisa digantikan perannya oleh Ivar Jenner saat di Piala Asia 2024 nanti, karena tampil mengecewakan di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Adam Alis

Perjudian Shin Tae-yong memainkan Adam Alis sebagai starter tak berbuah manis di dua laga awal Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Penggawa Borneo FC itu memang sedang gacor di Liga 1, tetapi gagal memberikan dampak signifikan di pertandingan internasional kali ini.

Adam kurang bisa padu dengan duetnya di lini tengah, dan kesulitan menembus pertahanan Irak serta Filipina. Ia pun kerap ditarik keluar, terutama saat melawan Irak digantikan oleh Saddil Ramdani.

Hadirnya Saddil Ramdani memberikan perubahan terhadap daya gedor timnas Indonesia di sektor sayap. Saddil beberapa kali mampu menusuk pertahanan Irak dan sempat memberikan umpan berbahaya, tetapi belum bisa dikonfersi menjadi gol.

Baca Juga
Timnas IndonesiaPiala AsiaIvar JennerShin Tae-yong

Berita Terkini