x

Siapa David Turnbull? Gladiator Skotlandia Bidikan AC Milan di Januari 2024

Jumat, 1 Desember 2023 14:33 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Klub Liga Italia (Serie A), AC Milan, mulai mempersiapkan bursa transfer Januari 2024 dengan mengincar pemain antah berantah bernama David Turnbull.

FOOTBALL265.COM – Klub Liga Italia (Serie A), AC Milan, mulai mempersiapkan bursa transfer Januari 2024 dengan mengincar pemain antah berantah bernama David Turnbull.

Dilaporkan oleh Michele Fratine, pemain yang saat ini berseragam Celtic itu menarik atensi AC Milan yang ingin memboyongnya pada Januari 2024.

Baca Juga

Kabarnya, AC Milan siap menebusnya dengan harga 7 juta poundsterling atau setara Rp137 miliar, mengingat kontraknya akan habis pada Juni 2024.

Klub berjuluk Rossoneri itu tak ingin berlama-lama menunggu hingga statusnya menjadi bebas transfer, mengingat Turnbull juga dilirik banyak klub lainnya.

Disebutkan bahwa pemain berusia 24 tahun tersebut juga ingin meneken kontrak baru dengan Celtic, sehingga AC Milan ingin menebusnya sebelum kontrak baru diteken dan nilainya meroket.

Klub yang bermarkas di Kota Milano itu tertarik memboyongnya, usai Turnbull mampu melesakkan 7 gol dari 14 pertandingan di musim 2023/2024 ini.

Baca Juga

Profil David Turnbull

David Turnbull merupakan pesepak bola berpaspor Skotlandia yang lahir di Wishaw pada 10 Juli 1999. Saat ini dirinya bermain bagi salah satu klub besar di negaranya, Celtic.

Sebelum membela Celtic, Turnbull sendiri hanya membela satu klub saja, yakni Motherwell FC, di mana ia membela klub tersebut sejak level akademi.

Turnbull bermain di akademi Motherwell FC sejak 2009 dan berhasil menembus tim utama pada 2018, di mana ia melakoni debutnya bagi klub masa kecilnya itu.

Sejak debutnya pada 2018 lalu, Turnbull pun berhasil menjadi andalan Motherwell dengan berhasil mencatatkan 41 penampilan dengan sumbangan 16 gol dan 7 assist.

Catatan itu kemudian membuat Celtic memboyongnya pada 2020 lalu dengan harga 3 juta euro. Turnbull pun menjadi pilar andalan dengan 129 penampilan dan mencetak 31 gol sert 23 assist.

Lalu bagaimana kualitas David Turnbull musim ini? Mengapa AC Milan sampai tertarik ingin menebusnya meski kontraknya akan berakhir pada Juni 2024 mendatang?

Baca Juga

1. Kualitas David Turnbull

Pemain Celtic FC, David Turnbull. (Foto: celticfc)

Di musim 2023/2024 ini, David Turnbull menjadi andalan di lini tengah Celtic. Ia bertugas sebagai gelandang Box to Box di klub berjuluk The Bhoys itu.

Di bawah asuhan Brendan Rodgers, musim ini seakan menjadi musim terbaik Turnbull selama berseragam Celtic usai dirinya mencetak 7 gol dan 11 laga saja sebagai gelandang tengah.

Baca Juga

Catatannya di Liga Skotlandia 2023/2024 pun cukup memesona banyak orang berkat torehan 7 gol dari 11 penampilan yang ia buat.

Pasalnya, Turnbull mampu mencetak 7 gol dari 11 laga dari 2,1 tembakan per laga saja dengan persentase konversi peluang menjadi gol sebesar 30 persen.

Hebatnya, gol tersebut  tercipta masing-masing 4 gol di dalam kotak penalti dan 3 gol di luar kotak penalti yang membuktikan kiprahnya sebagai gelandang Box to Box.

Sebagai gelandang, Turnbull tercatat membuat 4 peluang emas dari 11 laga dan rata-rata melepaskan 1,5 umpan kunci per laga.

Baca Juga

Ia pun rata-rata melepaskan 29,9 operan sukses per laga, di mana sebagian besar operannya yakni sebesar 23,5 kali dibuat ke area lawan.

Sebagai gelandang Box to Box, Turnbull juga aktif dalam bertahan dengan melancarkan 0,6 tekel dan 0,7 intersep per laga, serta memenangkan 1,7 duel per laga.

Ia pun tercatat hanya dilewati lawan sebanyak 0,2 kali per laga dan mampu menguasai kembali penguasaan bola sebanyak 3,5 kali per laga.

Dengan catatan tersebut, harga 7 juta poundsterling terbilang murah untuk David Turnbull, kendati dirinya akan berstatus bebas transfer pada akhir musim 2023/2024.

Baca Juga
Bursa TransferAC MilanIn Depth SportsLiga ItaliaprofilTransfer PemainIndepth

Berita Terkini