x

Muhammad Ali vs Rudi Lubbers: Mengenang Kebangkitan Petinju Muslim

Jumat, 25 Januari 2019 22:14 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Situasi pertarungan Muhammad Ali vs Rudi Lubbers

FOOTBALL265.COM - Petinju ternama di dunia, Muhammad Ali nampaknya menempatkan Indonesia di dalam hatinya. Karena dirinya pernah memperlihatkan kehebatannya di Jakarta pada Oktober 1973.

Saat itu, pria yang menutup usianya pada 3 Juni 2016 lalu tersebut telah dijadwalkan akan bertarung dengan petinju asal Belanda, Rudi Lubbers. Pertarungan itu digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 20 Oktober 1973 silam.

Sekedar informasi, saat ini sebenarnya pertarungan Muhammad Ali vs Rudi Lubbers tersebut akan berlangsung pada 14 Oktober 1973 di Surabaya. Namun karena sebuah alasan tertentu, pertarungan tersebut akhirnya digelar di Jakarta.

Baca Juga

Pertarungan Muhammad Ali vs Rudi Lubbers sendiri nyatanya bukan sebuah laga yang dinantikan oleh pecinta tinju di dunia. Karena sebagian dari mereka lebih menanti-nantikan laga antara Muhammad Ali vs Joe Frazier pada 28 januari 1974.

Muhammad Ali sendiri pun akhirnya menjadi perarungannya dengan Rudi Lubbers di Jakarta sebagai pemanasan sebelum menghadapi rival abadinya, Joe Frazier.


1. Pahlawan Islam yang Taklukkan Kolonialisme Belanda

Situasi pertarungan Muhammad Ali vs Rudi Lubbers

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia berharap agar Muhammad Ali berhasil menumbangkan petinju kelas berat Belanda tersebut. Karena Ali sendiri direpresentasikan sebagai pahlawan bagi bangsa-bangsa Dunia Ketiga, karena ia merupakan seorang muslim.

Sedangkan Rudi Lubbers sendiri dikaitkan dengan kolonialisme Belanda, hingga akhirnya masyarakat Indonesia bersemangat menantikan tinju kiri Muhammad Ali menghajar habis sang lawan di atas ring.

“Lubbers jelas menjadi representasi kolonialisme Belanda, dan orang-orang Indonesia bersemangat melihat kemenangan politik mereka terulang di atas ring,” tulis Julio Rodriguez, “Documenting Myth” dalam Sports Matters: Race, Recreation, and Culture suntingan John Bloom dan Michael Nevin Villard.

Alhasil, harapan masyarakat Indonesia pun akhirnya tercapai setelah Muhammad Ali berhasil memenangkan pertarungan tersebut. Karena petinju asal Amerika Serikat tersebut menang angka atas Rudi Lubbers.

Meski Muhammad Ali sempat mengungkapkan perang urat saraf yang mengatakan jika dirinya akan mengalahkan Rudi Lubbers dalam lima ronde, namun petinju asal Belanda itu justru bisa bertahan hingga ronde ke-12.

Seperti yang diketahui, Muhammad Ali memang kerap kali melemparkan ungkapan bernada sesumbar sebelum menjalani pertandingan. Itulah yang terjadi ketika ia akan menghadapi Lubbers di Jakarta.


2. Muhammad Ali Buat Hidung Lawan Patah

Situasi pertarungan Muhammad Ali vs Rudi Lubbers

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Muhammad Ali berhasil menyelesaikan pertarungan tersebut dengan kemenangan. Bukan hanya meraih kemenangan, namun dirinya juga berhasil mempermalukan petinju Belanda di hadapan masyarakat Indonesia.

Karena dalam pertarungan tersebut, Muhammad Ali berhasil mendominasi pertandingan. Petinju kelahiran 17 Januari 1942 tersebut bahkan membuat hidung Rudi Lubbers patah.

Tak hanya itu, Muhammad Ali juga memberikan perlajaran yang berarti kepada Rudi Lubbers dengan memberikan tinju tepat di bagian kanan matanya. Tinju kiri Muhammad Ali itu pun membuat mata kanan Rudi Lubbers bengkak.

Meski demikian, Muhammad Ali harus mengakui kehebatan Rudi Lubbers yang berhasil bertahan hingga ronde ke-12. Meski babak belur, Rudi Lubbers mampu mematahkan ungkapan sesumbar Ali, yang mengatakan akan menang pada ronde ke-5.

Baca Juga

Karena itulah nama Rudi Lubbers pun sempat menjadi perbicangan dunia, walaupun hanya sesaat. Hal itu dibenarkan langsung oleh Joe Ryan dalam bukunya Heavyweight Boxing in the 1970’s: The Great Fighters and Rivalries.

“Ali harus mengakui bahwa Lubbers lebih tangguh daripada yang dia pikirkan. Begitu pula Rudi yang merasa sudah memberikan yang terbaik, dan percaya bahwa Ali juga melakukan hal yang sama. Pertarungan dengan Ali memberikan Lubbers 15 menit ketenaran. Dia akhirnya kembali ke jalur kejuaraan Eropa,” tulis Joe Ryan.

Terus Ikuti Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT

Muhammad AliDKI JakartaRudi LubbersTinju

Berita Terkini