x

5 Fakta Manny Pacquiao, Petinju Kebanggaan Filipina dan Asia Tenggara

Selasa, 14 Juli 2020 17:19 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Legenda hidup tinju asal Filipina, Manny Pacquiao menyimpan berbagai fakta yang belum banyak diketahui orang.

FOOTBALL265.COM - Legenda hidup tinju asal Filipina, Manny Pacquiao menyimpan berbagai fakta yang belum banyak diketahui orang.

Manny Pacquiao merupakan salah seorang legenda hidup tinju profesional yang masih aktif bertanding. Meski usianya sudah menyentuh kepala empat, Pacquiao masih menunjukkan ketangguhannya di atas ring lewat keberhasilannya merebut gelar juara dunia kelas welter WBA.

Gelar tersebut diraih usai mengalahkan Lucas Martin Matthysse di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2018 silam. Selain pernah meraih gelar juara dunia, Manny Pacquiao juga menyimpan fakta mengejutkan lainnya dalam hidupnya.

Baca Juga
Baca Juga

Berikut 6 fakta mengejutkan Pacquiao dilansir dari sportshow.net.

1. Lebih dari sekadar petinju

Manny Pacquiao tidak hanya dikenal sebagai petinju yang tangguh. Ia memiliki sejumlah bakat lain seperti akting, menyanyi, bermain basket, serta melek politik.

Manny Pacquiao bahkan kini dipercaya untuk menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat di Filipina. Berkat berbagai prestasinya, Pacquiao sempat dinobatkan sebagai atlet dengan bayaran tertinggi ke-6 di dunia versi Forbes pada tahun 2009.

Baca Juga
Baca Juga

2. Menyabet berbagai penghargaan

Manny Pacquiao saat ini menduduki peringkat ketiga dalam daftar pound-for-pound The Ring. Sebagai informasi, pound-for-pound merupakan kumpulan petinju terbaik dari semua kelas. Pacquiao sendiri merupakan juara kelas welter WBO. 

Ia juga menyandang gelar "Fighter of the Decade" yang diberikan oleh tiga organisasi dewan tinju dunia serta asosiasi tinju Amerika.

Petinju berusia 41 tahun itu sudah tiga kali memenangkan penghargaan "Fighter of The Year" yang dicetuskan oleh majalah tinju terkemuka, The Ring.


1. 3. Punya istri cantik

Manny Pacquiao dan sang istri saat datang ke Indonesia.

Hidup Manny Pacquiao menjadi semakin lengkap setelah dipertemukan dengan Maria Geraldine Jamora yang kini menjadi teman hidupnya.

Pacquiao dan wanita yang akrab disapa Jinkee itu menikah pada 10 Mei 2000. Dari pernikahan itu, mereka dikaruniai lima orang anak.

Keluarga Manny Pacquiao kini tinggal di General Santos City, Cotabato Selatan, Filipina. Berbagai suka dan duka telah dilewati Pacquiao dan Maria Geraldine Jamora setelah mengarungi bahtera rumah tangga selama 20 tahun.

4. Personil Angkatan Darat

Manny Pacquiao pertama kali bergabung dengan pasukan cadangan Angkatan Darat Filipina sebagai Sersan Perwira pada tanggal 27 April 2006.

Ia kemudian dipromosikan ke jabatan Sersan Teknis pada tanggal 1 Desember tahun yang sama. Pacquiao akhirnya menjadi Sersan Utama yang merupakan pangkat tertinggi dalam personel yang terdaftar di Filipina pada 7 Oktober 2007.

Setelah dua tahun mengabdi sebagai Sersan Master, ayah lima anak itu kemudian menerima pangkat khusus Sersan Master Senior pada 4 Mei, 2009.

5. Dilirik sebagai aktor

Manny Pacquiao telah tampil dalam film komedi superhero yang berjudul "Wapakman". Film ini dirilis pada tanggal 25 Desember 2009, dan telah memasuki Festival Film Metro Manila pada tahun 2009.

Manny Pacquiao mulai menunjukkan kemampuan aktingnya di kancah Hollywood pada 2012 silam. Kini dirinya dikabarkan tengah mempersiapkan film bersama aktor legendaris Hollywood, Sylvester Stallone.

Manny PacquiaoFilipinaTinjuTRIVIABerita Tinju

Berita Terkini