x

Mengingat Kembali Peristiwa 16 Tahun Lalu Saat Mike Tyson Kalah Memalukan dan Pensiun

Minggu, 25 Juli 2021 16:29 WIB
Editor: Juni Adi
Mike Tyson vs Kevin McBride dalam pertandingan tinju.

FOOTBALL265.COM - Mike Tyson mengakhiri karier tinjunya dengan sedikit noda, lantaran di laga terakhirnya ia kalah memalukan dari petinju medioker.

Minggu, 12 Juni 2005, menjadi peristiwa penting bagi dunia olahraga tinju setelah Mike Tyson menyatakan pensiun.

Ia gantung sarung tinju dengan tinta emas karena rekor kemenangannya yang cukup banyak yakni 50 kali menang, dan hanya 6 kali merasakan kekalahan.

Baca Juga
Baca Juga

Namun keputusan pensiunnya itu sedikit meninggalkan noda hitam. Pasalnya, ia tak bisa menggoreskan tinta emas di laga terakhir sebelum gantung sarung tinju.

Mike Tyson kalah memalukan dari petinju tak terkenal asal Irlandia, Kevin McBride. Pria asal Amerika Serikat itu dijatuhkan pada ronde keenam dalam pertarungan non gelar yang diselenggarakan di MCI Center, Washington.

“Saya tidak bisa melakukannya lagi (tinju). Saya tidak bisa menipu diri saya sendiri,” kata Tyson seusai pertarungan tersebut saat itu.

Mike Tyson sendiri sudah berusahan untuk meraih kemenangan atas McBride. Bahkan ia mengaku sempat berlaku curang dengan membenturkan kepala lawannya ke bagian pelipis mata McBride hingga berdarah.

“Saya mati matian untuk menang. Saya melakukan apa saja,” kata Tyson.

Baca Juga
Baca Juga

Akibat ulahnya itu, Joe Cortez yang menjadi wasit dalam pertandingan itu mengurangi dua poin nilai Tyson sebelum pertandingan dilanjutkan. 

Kevin McBride bagai beruang terluka yang marah. Ia langsung menghujani pukulan bertubi-tubi ke arah Tyson hingga Si Leher Beton terus tersudur ke pojok ring.

Bersamaan dengan bunyi bel tanda berakhirnya ronde keenam, Tyson jatuh terduduk selama beberapa saat. 

"Saya seperti umur 120 tahun, saya memilih menyerah dan tidak ingin melanjutkan pertarungan," tuturnya.

"Saya tidak bagus lagi. Saya kira saya tidak mempunyai perut untuk bertinju. Saya tidak punya apa pun untuk bertarung lagi,” kata Tyson setelah mengaku mundur dari dunia tinju profesional alias pensiun.


1. Kariernya Meredup

Mike Tyson vs Kevin McBride.

Mike Tyson menjadi bintang tinju dunia sejak 1987 sampai 1990. Namun sinar Tyson mulai meredup setelah tersandung kasus pemerkosaan terhadap seorang peserta kontes ratu kecantikan.

Setelah menyelesaikan masa hukumannya, pada Maret 1996, Tyson bangkit kembali dan menjadi juara WBC mengalahkan Frank Bruno.

Tyson juga berhasil menjadi juara WBA pada September 1996 setelah mengalahkan Bruce Seidon.

Namun juara WBA tersebut tak bertahan lama karena pada November 1996, Tyson berhasil dikalahkan oleh Evander Holyfield

Baca Juga
Baca Juga

Setahun kemudian di bulan yang sama, November 1997 Tyson dan Holyfield bertemu kembali. 

Tyson kembali berulah, ia melanggar peraturan dengan menggigit telinga Holyfield sehingga pertandingan terpaksa dihentikan. Akibat ulahnya tersebut, Tyson diganjar hukuman dilarang bertinju selama satu tahun.

Setelah kembali dari masa hukuman, Tyson berhasil memenangkan sejumlah laga. Namun laju kenjayaannya tidak berlangsung lama.

Ia dijegal oleh juara IBF dan WBC, Lennox Lewis pada Juni 2002. Kemudian ia mencoba bangkit dengan naik ring dua kali, sebelum akhirnya karier dia benar-benar dihentikan oleh Kevin McBride.

Selama karirnya sebagai petinju, Tyson mencatatkan rekor menang sebanyak 50 kalo, KO 44 kali dan kalah enam kali.

Mike TysonEvander HolyfieldTinjuKevin McBride

Berita Terkini