5 Pemain Basket Asia Tersukses di NBA, Bisa Tebak?

Selasa, 2 April 2019 21:26 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© NBA
Yao Ming ketika bermain membela Houston Rockets. Copyright: © NBA
Yao Ming ketika bermain membela Houston Rockets.

FOOTBALL265.COM - National Basketball Association atau dikenal dengan NBA merupakan liga basket profesional paling kompetitif di dunia. Setiap musimnya, NBA menjadi ajang yang paling ditunggu bagi pebasket bertalenta dari seluruh dunia. Tak heran, jika banyak para pebasket Asia yang sukses di liga bola basket asal Amerika Serikat ini. 

NBA sendiri memang kerap mencari atlet terbaik dengan memperluas cakrawala serta menjangkau setiap sudut di dunia, dan pasar Asia menjadi salah satu bagian yang paling penting di dunia sejak awal abad ini.

Selama sejarah NBA, beberapa pemain Asia telah berkontribusi dalam perkembangan liga basket paling bergengsi di dunia ini. Bahkan ada yang telah bekerja sebagai duta besar liga di benua mereka sendiri.

Berikut INDOSPORT rangkum 5 pemain basket Asia tersukses di NBA.

5. Mengke Bateer

Mengke Bateer adalah salah satu pemain NBA Asia paling sukses dalam sejarah. Ia telah menghabiskan 3 tahun di Asosiasi Bola Basket Cina dan sempat bermain untuk klub Denver Nuggets, San Antonio Spurs, dan Toronto Raptors. 

Selain itu, Bateer juga merupakan pemain Asia pertama yang pernah memenangkan kejuaraan NBA, meski posisinya sebagai center bukan merupakan faktor dalam perebutan gelar itu. Mengke sendiri telah berhasil mencetak total 8 poin bersama Toronto Raptors pada musim terakhirnya di NBA.

4. Wang Zhizhi

Wang Zhizhi merupakan pemain basket profesional China yang sekarang bermain untuk Baby Rockets di Chinese Basketball Association. Zhizhi juga menjadi pemain China pertama yang direkrut oleh tim NBA pada tahun 1999 dan menghabiskan 5 musim di liga dengan bermain di Mavericks, Clippers, and Heat.

Ia telah mencatat rata-rata karier 4,4 poin sebelum menuju kembali ke China. Setelah kembali lagi ke CBA, pada bulan Maret 2007, ia memandu Baby Rockets untuk memenangkan kejuaraan CBA yang ketujuh kalinya dan berhasil dinobatkan sebagai MVP (most valuable player) pada seri tersebut.