Trofi FIBA World Cup 2023 Mampir Solo, Aksi Jan Ethes Sudah Anak Basket Banget

Sabtu, 29 Juli 2023 23:00 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Kota Solo mendapat keistimewaan membuka roadshow trofi FIBA Basketball World Cup 2023 pada Sabtu (29/7/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Kota Solo mendapat keistimewaan membuka roadshow trofi FIBA Basketball World Cup 2023 pada Sabtu (29/7/23).

FOOTBALL265.COM - Kota Solo mendapat keistimewaan membuka roadshow trofi FIBA World Cup 2023 pada Sabtu (29/7/23). Acara yang berlangsung di arena basket Solo Techno Park ini kehadiran Jan Ethes yang kini sudah anak basket banget.

Indonesia mencatatkan sejarah ketika dipercaya menghelat FIBA Basketball World Cup 2023 pada bulan Agustus. Indonesia dipilih sebagai tuan rumah bersama Filipina dan Jepang.

Indonesia Arena menjadi venue yang akan mempertandingkan grup G dan H. Ada negara Spanyol, Brasil, Pantai Gading dan Iran d grup G serta Kanada, Latvia, Lebanon dan Perancis di grup H.

Sebelum Indonesia Arena dipenuhi sorak-sorai dalam laga Kanada melawan Perancis pada 25 Agustus 2023, ada empat kota yang terlebih dahulu merasakan geliat FIBA Basketball World Cup 2023.

Kota Solo menjadi yang dipilih sebagai pembuka. Acara ini berlangsung meriah dengan turut menghadirkan maskot FIBA Basketball World Cup 2023 bernama JIP atau singkatan dari Japan, Indonesia, Philippines.

Deputy Event Director FIBA World Cup 2023, Agus Mauro mengatakan, sambutan yang didapat trofi ini di kota Solo terbilang luar biasa. Hal ini sesuai perkiraan karena Solo menjadi salah satu basis fans basket Tanah Air.

"Makanya kita pilih kota Solo untuk memulai karena kita melihat Solo menjadi basis olahraga basket Tanah Air. Setelah dari Solo, kita akan ke Denpasar, Surabaya dan Jakarta," kata Agus Mauro dalam kegiatan di Solo Techno Park.

Ia mengatakan, event ini penting untuk dilakukan guna menyambut ajang tertinggi basket di dunia. Status tuan rumah ini merupakan mimpi besar yang menjadi kenyataan.

"Semakin memperkenalkan bahwa sebentar lagi kita ada perhelatan dunia, yang main itu benar-benar pemain level dunia, juara dunia. Salah satu tim favorit Kanada diisi pemain NBA, akan bermain di sini," ucap Agus Mauro.

"Ini juga pertama kali akan diadakan di Indonesia Arena. Setelah puluhan tahun kita merdeka, baru ada fasilitas dengan kapasitas lebih dari 15 ribu, tepatnya 16.250 penonton. NBA sendiri mengatakan tidak ada catatan, modern, green technology, ini sesuatu yang membuat kita patut untuk datang," lanjutnya.