Profil Rinto Arinando, Waketum II PERBASI Depok yang Gaungkan Event 3x3 Basket

Rabu, 9 Agustus 2023 22:41 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Juni Adi
© Ammara Marthiara/INDOSPORT
Rinto Arinando, Waketum PERBASI Depok, di acara Margo City 3x3 Basketball, Rabu (09/08/23). (Foto: Ammara Marthiara/INDOSPORT) Copyright: © Ammara Marthiara/INDOSPORT
Rinto Arinando, Waketum PERBASI Depok, di acara Margo City 3x3 Basketball, Rabu (09/08/23). (Foto: Ammara Marthiara/INDOSPORT)

FOOTBALL265.COM - Profil Rinto Arinando, wakil ketua umum II PERBASI Depok yang gemar menggaungkan event turnamen 3x3  basket sejak puluhan tahun.

Rinto Arinando merupakan Direktur PT Nusantara Basketball Club (NBC) Sports Creative yang mana ini adalah komunitas yang sudah berdiri sejak 39 tahun silam.

Bersama NBC Sports Creative, pria yang akrab disapa Nando itu seringkali menggelar turnamen 3x3 basketball demi menciptakan bibit unggul pebasket Indonesia proffesional di masa yang akan datang.

Salah satu event yang dilakoni oleh Rinto Arinando bersama NBC Sports Creative tersebut ialah yang tengah berjalan saat ini, yakni Margo City 3x3 Battle.

Berlangsung di Margonda City Mall, Depok, Jawa Barat, turnamen 3x3 basket kelompok umur ini dihelat pada 7-13 Agustus 2023.

Sebanyak 206 tim dari daerah Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, mengikuti turnamen Margo City 3x3 Battle ini dengan 10 kategori.

"Kalo kami dari NBC nya sendiri dengan adanya event ini berharap agar para pebasket muda bisa semakin paham bahwa kalau bertanding itu menang kalah adalah hal yang biasa," pungkas Rinto Arinando kepada INDOSPORT, Rabu (09/08/23), di Margonda City Mall, Depok, Jawa Barat. 

Rinto Arinando sendiri juga saat ini menjabat sebagai komisi bidang event 3x3 di PERBASI Pusat. Tak heran, jika Rinto Arinando sudah hatam menggaungkan turnamen basket level 3x3 itu.

Awal mula Rinto Arinando gemar menggelar turnamen basket 3x3 ialah saat ia sudah bergabung dengan Nusantara Basketball Club (NBC), yang mana saat itu ia merupakan angkatan ketiga.

Kala itu, dikatakan Rinto Arinando bahwa dirinya dibimbing serta diikut sertakan oleh para seniornya di Nusantara Basketball Club (NBC) dalam menjalankan event turnamen basket kategori 3x3.

"Kita (NBC) dari tahun 80-an sudah bikin event. Nah dari situ itu awal nya saya suka basket," kata Rinto Arinando saat diwawancarai eksklusif oleh INDOSPORT, Kamis (09/08/23). 

"Satu, lagi kalau bukan kita yang terus menggerakan ya siapa lagi? Karena kita kan komunitas, kita harus bergerak," timpal Rinto Arinando.

Menariknya lagi, Rinto Arinando ini rupanya juga berkarir sebagai seorang pengacara. Namun karena kecintaannya terhadap olahraga basket yang sudah melekat, ia tetap konsisten untuk menggelorakan basket Indonesia lewat event turnamen 3x3 basketball.

"Jadi memang basket tuh sebenarnya hobi saya dari kecil sampai sekarang. Lalu, sebenarnya saya basicnya pengacara, tapi kalau bukan kita para orang tua yang  melaksanakan event turnamen 3x3 basket ini ya siapa lagi," kata Rinto.