x

14 Nilai Brand Sepatu Pemain NBA Termahal, Jordan Tak Ada Tandingan

Jumat, 30 Agustus 2019 12:20 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Michael Jordan berpose dengan sepatu Nike Air Jordan I.

FOOTBALL265.COM - Michael Jordan tak diragukan adalah salah satu pemain basket terbaik sepanjang masa. Di masa setelahnya, banyak muncul bintang-bintang baru yang juga mendapat sebutan megabintang, salah satunya adalah LeBron James.

LeBron James berusaha melewati pencapaian karier Jordan dengan catatan skor yang sekarang sudah melebihi Jordan dan didukung dengan catatan sembilan kali NBA Final.

Kobe Bryant yang baru season lalu mengambil pensiun, sekarang memiliki catatan prestasi yang lebih baik dari LeBron James dengan 5 gelar NBA sebelum pensiun.

Baca Juga

Di sisi lain, Manajer Houston Rockets, Daryl Morey berpendapat bahwa James Harden-lah akan yang menjadi penguasa NBA musim ini.

Meskipun pemain-pemain tersebut berusaha mengejar catatan karier Michael Jordan, tetapi di bidang kerja sama dengan brand sepatu, tak ada yang bisa menyaingi Jordan. Bahkan mendekati saja pun tidak.

Jordan yang memiliki brand olahraga sendiri yang bernaung di bawah perusahaan Nike mencapai 3,14 miliar dolar AS pada akhir bulan Mei 2019, naik 10 persen dari catatan penjualannya di akhir tahun 2018. 

Forbes pun mencatat pendapatan yang dimiliki Jordan diperkirakan mencapai 130 juta dolar AS (sekitar Rp1,8 triliun). Angka itu empat kali lebih banyak dari nilai LeBron James yang memiliki pendapatan penjualan 32 juta dolar AS, berada di posisi ke 2.

“Jordan lebih dari sekadar itu, sekarang Jordan dipakai sebagai suatu gaya hidup.”

“Potensi besar tentu ada, akan menjadi lebih besar lagi, bisa mencapai 3 miliar dolar,” kata Analis Cowen & Co.  

Tahun ini brand Jordan pun menggaet Zion Williamson, yang adalah rookie terlaris setelah LeBron James, untuk menjadi Ambassador Jordan. Banyaknya konten media yang mengulas Zion Williamson membuat pendapatan Jordan pun meningkat perlahan.

Hal tersebut pun membuat pendapatan di luar gaji pemain di NBA semakin melonjak secara perlahan karena nilai jual mereka dan cara bermain mereka pun yang terhitung mahal.

Memang benar beberapa tahun belakangan ini, banyaknya brand olahraga kembali membuat sepatu basket untuk dikenakan pemain-pemain NBA, seperti PUMA dan Converse yang sempat mati suri di beberapa tahun sebelumnya dan akhirnya penjualan sepatu basket dikuasai Nike dan Adidas.

Berikut brand sepatu yang dikenakan pemain NBA dan nilai kontraknya:

Klay Thompson: Anta Brand – $9juta (Rp128 miliar)

Damian Lillard: Adidas - $10juta (Rp142 miliar)

Giannis Antetokounmpo: Nike - $10juta (Rp142 miliar)

Derrick Rose: Adidas – $11juta (Rp156 miliar)

Kyrie Irving: Nike – $11juta (Rp156 miliar)

Russel Westbrook: Jordan – $12juta (Rp170 miliar)

Dwyane Wade: Li-Ning – $12juta (Rp170 miliar)

Zion Williommson: Jordan – $13juta (Rp185 miliar)

James Harden: Adidas – $14juta (Rp199 miliar)

Kobe Bryant: Nike – $16juta (Rp227 milair)

Stephen Curry: Under Armour – $20juta (Rp284 miliar)

Kevin Durant: Nike – $26juta (Rp370 miliar)

LeBron James: Nike – $32juta (Rp455 miliar)

Michael Jordan: Jordan – $130juta (Rp1,8 triliun)

Penulis: Israelly Rex Kawengian

NBALeBron JamesKobe BryantAdidasNikeMichael JordanBasketBerita OlahragaZion WilliamsonSepatu Basket

Berita Terkini