x

Terungkap! Ini Alasan Pemain NBA Tak Bela Timnas Basket Indonesia di Kualifikasi FIBA World Cup 2023

Sabtu, 2 Juli 2022 16:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pemain nanturalisasi, Marques Bolden, dipastikan tidak membela Timnas Basket Indonesia di ajang Kualifikasi FIBA World Cup 2023.

FOOTBALL265.COM – Pemain nanturalisasi, Marques Bolden, dipastikan tidak membela Timnas Basket Indonesia di ajang Kualifikasi FIBA World Cup 2023.

Meski demikian, pemain yang pernah tampil di NBA Summer League 2021 tersebut bakal disiapkan untuk membela Merah Putih diajang FIBA Asia Cup 2022 pada 12 -24 Juli nanti.

Baca Juga

Sebelumnya, mantan pemain Cleveland Cavaliers itu absen membela Timnas Indonesia saat melawan Arab Saudi dalam laga yang digelar Jumat (01/07/22).

Bertanding di Istora Senayan, Jakarta, Timnas Merah Putih tanpa Bolden harus kalah tipis dari tim tamu dengan skor 67-69.

Menurut pelatih kepala Timnas Basket Indonesia, Rajko Toroman, absennya Bolden di pertandingan Kualifikasi FIBA World Cup 2023 tersebut dikarenakan cedera yang dia alami.

Baca Juga

Saat ini, Bolden masih talam tahap pemulihan setelah mengalami cedera  punggung yang didapatnya kala tampl di SEA Games Vietnam bulan Mei lalu.

Rajko pun tak mau mengambil risiko tetap menurunkan pemain berdarah Amerika Serikat itu karena khawatir kondisinya memburuk dan justru kehilangan sang pemain pada gim-gim berikutnya.

“Kami ingat sejak SEA Games, dia ada masalah dengan punggung dan dia belum sepenuhnya menyelesaikan masalahnya itu,” ungkap Rajko dilansir dari Antara.

Baca Juga

“Dia merasakan sakit, tapi tidak ada yang serius. Hanya saja kami memang tidak ingin memaksakan dia untuk bermain, tapi nanti kami justru harus kehilangan dia di gim berikutnya atau FIBA Asia Cup,” jelas dia.


1. Marques Bolden Pemain Penting Timnas Indonesia

Timnas Basket Indonesia.

Marques Bolden sendiri merupakan pemain penting dan tulang punggung utama timnas basket Indonesia yang akan bertanding di FIFA Asia Cup.

Bolden bisa mengisi kekosongan timnas apalagi dengan postur tubuh dan talenta yang dimiliki pemain yang memiliki tinggi 208 cm itu.

Baca Juga

Selain membantu timnas Indonesia meraih emas SEA Games untuk pertama kalinya dalam sejarah, Bolden juga menjadi pemain yang selalu membawa kemenangan bagi Indonesia, termasuk dalam empat gim uji coba yang dia mainkan di Australia.

“Dia adalah pemain yang paling penting. Dia bermain empat kali di Australia dan dalam empat laga tersebut kami menang. Inilah alasan kami sangat hati-hati merawat punggungnya,” pungkas sang pelatih.

Timnas basket Indonesia diagendakan akan menghadapi Yordania sebagai laga pamungkas Kualifikasi FIBA World Cup 2023 pada Senin (04/07/222).

Baca Juga

Namun, laga ini hanyalah sebatas hiburan karena Indonesia sudah dipastikan tidak lolos putaran kedua Kualifikasi FIBA World Cup 2023 zona Asia.

Hal ini karena pasukan Rajko Toroman gagal mencetak satu pun kemenangan dari lima pertandingan yang telah dimainkan.

Baca Juga

Namun demikian Indonesia masih memiliki peluang lolos ke Piala Dunia 2023 seandainya mereka mampu finis delapan besar di ajang FIBA Asia Cup 2022.

Ajang  FIBA Asia Cup 2022 sendiri akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, 12-24 Juli mendatang. Timnas basket Indonesia tergabung di grup A bersama Arab Saudi, Yordania, dan juara bertahan Australia.


2. 3 Hal Penting Dipersiapkan Timnas Basket

Tim basket putra Indonesia mencetak sejarah dengan menumbangkan Filipina dan merebut emas SEA Games pertama sejak 1977 di SEA Games 2021 Vietnam yang digelar di Thanh Tri Sport Information and Culutural Center Gymnasium, Minggu (22/5).

Timnas Basket Indonesia bakal mempersiapkan sejumlah hal penting jelang ajang FIBA Asia Cup 2022.

Sebagaimana diketahui FIBA Asia Cup 2022 akan berlangsung pada 12-24 Juli 2022 mendatang, di mana Indonesia bakal menjadi tuan rumah.

Hal ini pun membuat Timnas Basket Indonesia terus menggenjot persiapan salah satunya ialah dengan mematangkan sistem permainan menjelang FIBA Asia Cup 2022.

Ajang FIBA Asia Cup 2022 di gelar di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 12-24 Juli 2022 mendatang.

Timnas sebelumnya juga sudah menjalani 10 laga uji coba melawan tim NBL1 Australia untuk memantapkan sistem permainan.

Baca selengkapnya: Timnas Basket Indonesia Persiapkan 3 Hal Penting Jelang FIBA Asia Cup 2022

Timnas Basket IndonesiaFIBA World Cup 2023BasketBerita BasketMarques Bolden

Berita Terkini