Untuk Pertama Kali, Kejuaraan Internasional Catur Digelar di Banten

Senin, 23 Januari 2023 20:44 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Klub Catur Benteng Kelapa Dua (BKD)..
Klub Catur Benteng Kelapa Dua (BKD). Copyright: © Klub Catur Benteng Kelapa Dua (BKD)..
Klub Catur Benteng Kelapa Dua (BKD).

FOOTBALL265.COM - Klub catur Benteng Kelapa Dua (BKD) Kabupaten Tangerang akan menggelar Kejuaraan Catur Internasional Junior Fide Rating 2023. Ini adalah pertama kalinya kejuaraan catur berlevel internasional diselenggarakan di Banten.

Kejuaraan Catur Internasional Junior Fide Rating rencananya digelar di Universitas Gunadarma Gading Serpong, Kelapa Dua. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dimulai pada Jumat (27/01/23) mendatang dan berakhir Minggu (29/01/23).

Ketua Umum Benteng Kelapa Dua Chess Club, Brigjen TNI Amrizar mengatakan, kejuaraan internasional ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun BKD Chess Club yang ketiga. 

Dia berharap dari kegiatan tersebut, dapat melahirkan atlet catur muda berbakat, tangguh, yang ke depannya bisa membanggakan daerah dan bangsa.

“Kejuaraan Catur Internasional Junior Fide Rating ini sebagai bagian dari upaya memperingati hari ulang tahun BKD Chess Club yang ketiga. Kami berharap kejuaraan seperti ini dapat lebih sering terselenggara," ujar Brigjen TNI Amrizar.

Amrizar menjelaskan, kejuaraan ini terselenggara berkat kerja sama antara BKD Chess Club, Percasi Kabupaten Tangerang, Pengprov Percasi Banten dan Fide atau organisasi catur internasional.

Menurut dia, kejuaraan ini memiliki rating Fide atau dapat menambah elo rating atlet yang berlomba.  

“Saya berharap kejuaraan berating Fide ini bisa menjadi influence buat klub dan percasi untuk lebih sering mengadakan kegiatan serupa agar bisa menambah elo rating atlet yang kemudian akan melahirkan atlet-atlet bergelar norma master catur (MN) Fide Master (FM), International Master (MI) dan Grand Master (GM)  ke depannya," jelasnya.

Saat ini, sudah 174 peserta yang memastikan akan ikut bertanding. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari luar negeri yakni dari Filipina dan Singapura.

Peserta Kejuaraan Catur Internasional Junior Fide Rating ini terbagi ke dalam tiga kelompok umur. Yakni KU-21, KU-15 dan KU-10. Setiap peserta harus sudah memiliki rating Fide. Total hadiah yang disiapkan panitia sebesar 65 juta rupiah.