Peran Vital Coach Justin hingga Timnas Futsal Indonesia Lolos ke Piala Asia

Selasa, 12 April 2022 10:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ada peran vital Coach Justin yang turut mengembangkan futsal di Tanah Air, sehingga Timnas Futsal Indonesia kini dinyatakan lolos ke Piala Asia 2022. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ada peran vital Coach Justin yang turut mengembangkan futsal di Tanah Air, sehingga Timnas Futsal Indonesia kini dinyatakan lolos ke Piala Asia 2022.

FOOTBALL265.COM - Ada peran vital Coach Justin yang turut mengembangkan futsal di Tanah Air, sehingga timnas Indonesia kini dinyatakan lolos ke Piala Asia 2022.

Diketahui, Justinus Lhaksana alias Coach Justin dikenal sebagai seorang pundit atau komentator sepak bola. Ia juga aktif berkarya di kanal Youtube pribadinya.

Namun, mungkin belum banyak yang tahu jika Coach Justin hampir saja mendapat julukan sebagai 'Bapak Futsal Indonesia.'

Coach Justin merupakan sosok keturunan Indonesia-Belanda. Saat datang ke Tanah Air pada 1999, ia mempopulerkan olahraga futsal di seluruh penjuru daerah.

Pada 2003, Coach Justinus Lhaksana ikut mendirikan AMFC (Adjie Massaid Futsal Club) bersama mendiang Adjie Massaid.

Kemudian pada 2004, Coach Justin mengikuti kursus kepelatihan futsal dari Koninklijke Nederlandse Voetbalbond (KNVB), Federasi Sepak bola Belanda.

Setelah mengikuti tiga bulan kursus kepelatihan, termasuk magang dan lain sebagainya, Coach Justin pun memperoleh lisensi resmi kepelatihan futsal dari KNVB.

Pada akhir 2004, Coach Justin pun langsung diangkat menjadi pelatih timnas futsal Indonesia, mengikuti Piala Asia di Vietnam dan berhasil lolos dari fase grup.

Barulah pada 2008, timnas futsal Indonesia mampu menyelesaikan Piala AFF Futsal sebagai runner-up atau peringkat dua.

Memasuki 2009, Coach Justin akhirnya melepas jabatannya sebagai pelatih timnas futsal Indonesia. Ia lebih banyak membuat coaching clinic futsal.