x

Janji Hashemzadeh, Timnas Futsal Indonesia Bakal Tembus ke Piala Dunia 2024

Jumat, 6 Mei 2022 16:04 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Skuat Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF Futsal/FAT

FOOTBALL265.COM - Pelatih kepala Timnas Futsal Indonesia, Mohammad Hashemzadeh berjanji bahwa Merah Putih akan tembus ke Piala Dunia Futsal 2024 mendatang.

Sebagaimana diketahui, Mohammad Hashemzadeh ialah mantan pemain dan pelatih Timnas Futsal Iran, yang pernah beberapa kali mencicipi Piala Dunia. 

Baca Juga

Pada ajang debutnya sebagai pelatih Timnas Futsal Indonesia, Hashemzadeh langsung membawa Merah Putih menjadi runner up Piala AFF 2022, bulan April lalu.

Indonesia hanya kalah dari Thailand di final, sebab tuan rumah memang memiliki banyak pengalaman, bahkan jadi langganan main di Piala Dunia Futsal.

Sukses mengimbangi Thailand di fase grup dan menjadi runner up Piala AFF 2022 ialah pencapaian yang baik bagi Hashemzadeh.

Baca Juga

"Hasil yang sangat bagus, karena kita tahu Thailand adalah tim yang sangat bagus, selalu ikut Piala Dunia, tiga besar di Asia," ucapnya di Youtube Chandra Margatama.

Dengan materi pemain yang ada, pelatih Hashemzadeh yakin dalam beberapa tahun yang singkat, Timnas Indonesia bisa tembus ke Piala Dunia, satu level dengan Thailand.

"Kita perlu meningkatkan step by step, sehingga di masa depan, kita bisa menjadi tim yang bagus, mengikuti Piala Dunia, saya rasa dalam 2-3 tahun ini," ujar sang pelatih.

Baca Juga

"Tahun ini ada banyak peningkatan untuk Timnas Futsal. Saya ingat sebelumnya, rank Iran dan Indonesia sangat jauh, tapi saat ini sudah improve," ungkap Hashemzadeh.

"Karena dari federasi juga berniat untuk menumbuhkan futsal dan liga yang baik, sangat penting untuk Timnas. Sekarang Indonesia punya liga yang sangat baik."


1. Hashemzadeh: Timnas Futsal Perlu SEA Games dan Uji Coba

Mohammad Hashemzadeh, Pelatih Baru Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF Futsal/FAT

Sempat terjadi polemik lantaran Timnas Futsal Indonesia terancam tidak ikut serta dalam multievent SEA Games 2022 Vietnam.

Namun belakangan, Kemenpora akhirnya memutuskan jika Timnas Futsal Indonesia tetap ikut serta dalam SEA Games 2022.

Pelatih kepala Timnas Futsal Indonesia, Mohammad Hashemzadeh mengaku lega dan tak sabar mengutak-atik formasi anyar Timnas.

Baca Juga

"Untuk SEA Games, ada perubahan kecil, mungkin tiga pemain berganti. Tapi bukan berarti tiga pemain ini out, saya hanya ingin nge-tes tiga pemain baru untuk ajang ini."

"Saya ingin melihat pemain baru bermain di game, bukan di latihan saja, tapi yang tiga tadi tidak akan keluar (dari Timnas), setelah SEA Games mereka akan kembali berlatih."

Baca Juga

Menurut Hashemzadeh, SEA Games 2022 menjadi penting sebagai persiapan untuk mencapai target yang lebih tinggi di AFC.

"Sebelum AFC, kita perlu 2-3 kali uji coba dan satu turnamen, keduanya ini penting untuk Timnas," ungkap Hashemzadeh.

"Kalau di AFF, semua tim mainnya mirip, Thailand organisasi mainnya sama seperti Indonesia, Malaysia, tapi kita punya model berbeda dengan Iran, Libanon, Uzbekistan."

Baca Juga

"Kita perlu bermain dengan model yang lain untuk berkembang. Saya harap kita dapat banyak uji coba sebelum AFC, mungkin juga dengan tim Eropa," lanjut sang pelatih lagi.


2. Timnas Futsal Indonesia Bakal Mentas di Piala Dunia

Skuat Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF Futsal/FAT

Pelatih kepala Timnas Futsal Indonesia, Mohammad Hashemzadeh berjanji bahwa Merah Putih dapat tembus ke Piala Dunia Futsal.

Namun, selain kerja keras para pemain, dukungan dari suporter dan masyarakat Indonesia juga penting sebagai modal untuk membentuk mental para penggawa Timnas.

"Terima kasih untuk semua yang support kami, saya harap kita bisa melakukan yang terbaik di SEA Games dan AFC," ungkap Hashemzadeh di Youtube Chandra Margatama.

"Kita ingin finis di posisi 8 atau 4 besar di AFC, dan target selanjutnya, kita bisa lolos ke Piala Dunia Futsal 2024. Jika itu pun sulit, mungkin di tahun 2028, kita akan capai itu."

FutsalSEA GamesTimnas Futsal IndonesiaPelatihAFF FutsalPiala Dunia Futsal 2016Berita FutsalSEA Games 2021Mohammad Hashemzadeh

Berita Terkini