Kerja Sama dengan Pelatih yang Diskors Akibat Doping, Pelari Rusia Dijatuhi Hukuman

Minggu, 16 Juni 2019 20:25 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Vladimir Smirnov / TASS via themoscowtimes.com
Artyom Denmukhametov, pelari Rusia yang terkena hukuman karena kerja sama dengan pelatih yang diskors. Copyright: © Vladimir Smirnov / TASS via themoscowtimes.com
Artyom Denmukhametov, pelari Rusia yang terkena hukuman karena kerja sama dengan pelatih yang diskors.

FOOTBALL265.COM - Pelari Rusia, Artyom Denmukhametov, dijatuhi hukuman oleh Unit Integritas Atletik (AIU) akibat bekerja sama dengan pelatih yang diskors akibat doping, Vladimir Kazarin.

Vladimir Kazarin merupakan pelatih yang diskors sumur hidup oleh Badan Anti-Doping Dunia (WADA) setelah ia diketahui memberi atletnya obat terlarang untuk meningkatkan kinerjanya.

Dan menurut peraturan dari WADA, seorang atlet dilarang untuk mendapat pelatihan, strategi, nutrisi atau saran medis dari pelatih atau staf media yang diskors akibat doping.

Dilansir dari situs berita olahraga euronews, Denmukhametov dijatuhi hukuman setelah AIU melakukan penyelidikan bersama dengan Badan Anti-Doping Rusia (RUSADA). Sebagai akibatnya, pelari 400 meter tersebut pun dijatuhi hukuman penangguhan sementara.

Akibat kasus ini, RUSADA pun akan bekerja sama dengan Kementerian Olahraga Rusia dan Badan Atletik Dunia (IAAF) untuk menelusuri permasalahan terkait doping ini.

Sebelumnya, atlet lompat tinggi Rusia, Maria Lasitskene, juga telah dihukum oleh IAAF akibat doping, tetapi kemudian diizinkan untuk berkompetisi kembali setelah dirinya berhasil menunjukkan kalau dia berlatih di lingkungan yang terbebas dari doping.