Sumsel Juga Jadi Tuan Rumah Asian Games

Kamis, 31 Juli 2014 17:23 WIB
Editor: Jhon Purba
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Rita Subowo selaku Ketua KOI. Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Rita Subowo selaku Ketua KOI.

Seperti diketahui Indonesia ditunjuk oleh Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia/OCA) menjadi tuan rumah Asian Games untuk menggantikan Vietnam yang mengundurkan diri.

Presiden Dewan Olimpiade Asia Sheikh Ahmad Al Fahad Sabah menyetujui Indonesia menggelar Asian Games 2019 dengan dua tempat penyelenggara, yakni Sumsel dan Jakarta.

Presiden OCA menyampaikan persetujuan terhadap Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2019 saat pertemuan Gubernur Sumsel Alex Noerdin beserta Ketua Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo di Kuwait, beberapa hari lalu.

Hal ini dikatakan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sumsel Irene Camlyn Sinaga di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (31/07/14).

Irene Camlyn Sinaga mengatakan Ketua KOI menyampaikan kesungguhan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2019 dan memberi garansi kesungguhan dan dukungan baik politis, keamanan maupun pendanaan.

"Baik Sumsel maupun Jakarta sama-sama menyatakan kesiapan untuk turut mendukung sebagai provinsi pelaksana Asian Games tersebut,” kata Irene Sinaga.

OCA akan melakukan penilaian kembali ke Indonesia dengan melakukan kunjungan. Salah satu hal penting yang menjadi penilaian tuan rumah, yakni ketersediaan sarana pertandingan untuk cabang olahraga kategori olimpiade.

Sumsel telah memiliki ketersediaan fasilitas pertandingan tersebut, seperti renang, menembak, atletik dan lain dengan standar internasional. Irene Sinaga sesumbar Sumsel siap menjadi tuan rumah Asian Games karena berpengalaman menggelar berbagai event internasional, seperti SEA Games dan Ismalic Solidarity Games.

13