Critic Sport

Hambalang, Distorsi Cita-cita Memajukan Olahraga Nasional

Kamis, 17 Maret 2016 15:00 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Galih Prasetyo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kondisi terakhir komplek olahraga Hambalang. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kondisi terakhir komplek olahraga Hambalang.

Sedari dulu, negeri ini dikenal sebagai salah satu negara yang teramat 'angkuh' di bidang olahraga. Pada era pemerintah Sukarno misalnya, Indonesia membusungkan dada dengan menghelat The Games of the New Emerging Forces (Ganefo) pada 1963. Padahal saat itu, negara kita masih berjuang untuk keluar dari krisis ekonomi. 

Apa yang dilakukan Sukarno saat itu dengan Ganefo semata ingin mengangkat harkat dan derajat manusia Indonesia. Karenanya, Sukarno kemudian tak sungkan untuk membangun fasilitas olahraga terbesar dan termewah se-Asia Tenggara, stadion Gelora Bung Karno (GBK). Awalnya banyak yang meragukan, namun fakta sejarah mencatat GBK sukses jadi tuan rumah untuk 51 negara peserta pada Ganefo 1963. 

Lembar sejarah juga yang kemudian membawa INDOSPORT untuk menulusuri 'keangkuhan' Indonesia di episode lain perjalanan bangsa ini di bidang olahraga. Awak INDOSPORT melaju menuju satu komplek olahraga yang pada zaman pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) digadang-gadang sebagai komplek olahraga terbesar di Indonesia, komplek olahraga Hambalang. 

Komplek Olahraga Hambalang merupakan program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada era Andi Mallarangeng. Saat itu, eks politisi Demokrat itu ingin membuat sebuah komplek olahraga terlengkap yang terletak di bukit Hambalang, Kabupaten Bogor.

Mimpi dan cita-cita yang sangat bagus dan banyak mendapat dukungan dari banyak pihak saat itu. Sayang, mimpi dan cita-cita harus dirusak oleh 'penyakit' oknum pejabat negara ini yakni korupsi. Efeknya pada 2013, pembangunan komplek seluas 33 hektar ini harus berhenti.

Usai mangkrak selama beberapa tahun, Hambalang kini berada di kondisi yang memperhatikan. Berita negatif selalu ada terkait Hambalang. Niat jahat sejumlah oknum sedari awal proyek ini terus berimbas pada Hambalang saat ini. 

Bangunan-bangunan yang menjulang tinggi jadi terbengkalai, sejumlah besi yang kabarnya dicuri tangan-tangan tak bertanggungjawab. Tak hanya itu, kondisi lebih diperburuk dengan tingginya rumput liar yang membuat kesan angker muncul di komplek olahraga tersebut. Bahkan sejumlah kabar menyebut bahwa tempat ini sekarang jadi lokasi favorit pasangan muda mudi memadu kasih. Miris. 

173