PON Jabar 2016

Jawa Barat Targetkan 6 Medali Emas di Renang dan Drumband

Selasa, 13 September 2016 23:37 WIB
Kontributor: Ginanjar | Editor: Ramadhan
© Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Verdia Yosef Copyright: © Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Verdia Yosef

Wakil Komandan Satlak Jawa Barat (Jabar) Kahiji, Verdia Yosef mengatakan perolehan 6 medali emas itu cukup realistis. Sebab tidak seluruh nomor yang dipertarungkan bisa diraih Jabar.

Seperti di pertandingan cabang olahraga renang yang akan digelar di Kolam Renang UPI, Setiabudi Bandung, akan memperebutkan sebanyak 7 medali emas.

Lalu, di cabang olahraga Drumband yang digelar di Stadion Pakansari, Bogor akan memperebutkan total 2 medali emas.

“Dari dua cabang olahraga itu, kita harapkan bisa meraih 6 medali emas. Dari renang sebanyak 4 medali emas dan dari drumband kita harapkan bisa melakukan sapu bersih yakni 2 medali emas,” ujar Yosef di ruang Kominfo KONI Jabar, Padjajaran Bandung, Selasa (13/09/16).

Dari cabang olahraga renang, 4 medali emas diharapkan bisa diraih dari nomor 400 meter gaya bebas putra, 200 meter gaya ganti perorangan putra, estafet 4x200 meter gaya bebas, dan 400 meter gaya bebas putri.

“Di 400 meter gaya bebas kita punya Ricky Anggawijaya, Afiah Fadlan Prawira dan Satrio Bagaskara, lalu di 200 meter gaya ganti putra ada Triady Fauzi Sidiq,” jelasnya.

“Lalu, di 400 meter gaya bebas putra ada Raina Saumi Grahana Ramadhani. Sedangkan di estafet, kita punya quartet peraih medali perak SEA Games 2015 yakni Triady, Fadlan, Ricky dan Satrio,” tambahnya.

Untuk nomor 200 meter gaya ganti putri, kemungkinan akan diraih Jawa Timur (Jatim) melalui atlet yang berasal dari Jabar yakni Ressa Kaniadewi. Pasalnya, Ressa merupakan peraih medali emas di nomor tersebut pada PON XVIII 2012 di Riau yang saat itu masih membela Jabar.

“Kita pun masih mempertanyakan status dua atlet Jatim tersebut yakni Ressa dan Glen (Victor Susanto). Pasalnya, mereka berdua masih tercatat sebagai warga Kota Bandung dan alasan kepindahan untuk kuliah pun status mahasiswanya belum keluar,” tuturnya.

Untuk mendukung pencapaian target medali emas tersebut, lanjut Yosef, pihaknya pun akan mengerahkan sekitar 1.000 suporter untuk mendukung perjuangan atlet di kolam renang UPI.

Begitu pun dengan dukungan bagi atlet drumband yang akan berlaga Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

“Kekalahan kita di cabang olahraga Hoki Indoor atas DKI Jakarta tadi siang, akan kita balas di cabang olahraga renang dan drumband. Dari 9 medali emas yang diperebutkan, kita targetkan bisa meraih 6 emas,” pungkasnya.