Terinspirasi dari Brasil, Medali Asian Para Games 2018 Punya Keunikan Khusus

Sabtu, 6 Oktober 2018 06:31 WIB
Editor: Juni Adi
© Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Suasana kemeriahan Torch Relay Asian Para Games 2018 di Kota Solo. Copyright: © Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Suasana kemeriahan Torch Relay Asian Para Games 2018 di Kota Solo.

FOOTBALL265.COM - Jelang pembukaan Asian Para Games 2018, INAPGOC secara resmi menunjukan medali yang akan diperebutkan oleh para atlet disabilitas dari seluruh negara Asia ini.

Dengan menonjolkan slogan "The Inspiring Spirit and Energy of Asia", secara kasat mata medali ini tidaklah jauh berbeda dengan medali Asian Games 2018 lalu.

Namun, terdapat dua hal yang menarik perhatian dari medali tersebut yakni adanya huruf braille dan bola-bola kecil yang menghasilkan suara.

Suara paling keras dengan 26 buah bola untuk emas, 20 bola untuk medali perak, dan 16 bola untuk medali perunggu.

Melalui Direktur Sport INAPGOC, Fanny Riawan hal tersebut dilakukan untuk membantu para atlet yang mengalami tunarungu dan tunanetra.

"Kami terinspirasi dari medali Paralimpiade Rio 2016 lalu di Brasil yang juga menghasilkan suara jika digoyangkan. Ide awal untuk mewujudkannya dari Tarek Souei (CEO Asian Paralympic Committee)," tuturnya dilansir situs resmi Asian Para Games.

Medali ini sendiri merupakan rancangan asli dari Wakil Sekretaris Jenderal INAPGOC, Ferry Kono. Uniknya, selama proses pembuatan medali ini hanya memakan waktu kurang dari setengah tahun saja di China. 

© Istimewa
Medali Asian Para Games 2018. Copyright: IstimewaMedali Asian Para Games 2018.

"Pembuatannya enggak terlalu lama, hanya sekitar 4 bulan. Kami membuatnya di Guangzhou, China," tutur Fanny Riawan.

Sebanyak 2.762 atlet berkompetisi di ajang Asian Para Games 2018 ini, dalam 512 pertandingan di 18 cabang olahraga. Selain medali, atlet pemenang juga akan mendapatkan maskot Asian Para Games bernama Momo, flash disk dan power bank untuk smartphone.

Penulis: Ridi F Khan

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Para Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT.