Miris! Tim Skating Korea Selatan Diterpa Kasus Pelecehan Seksual

Selasa, 22 Januari 2019 20:26 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

FOOTBALL265.COM - Di tengah reputasi cabang olahraga skating Korea Selatan yang mendunia, siapa sangka ternyata di dalamnya tersimpan kebusukan yang pelan-pelan mulai terkuak di hadapan publik.

Sejumlah lima atlet skating wanita pun tampil ke depan untuk menuntut keadilan atas perlakuan kasar dan pelecehan seksual yang dilakukan para pelatihnya. Mereka diwakili sebuah grup yang diberi nama Solidarity for Young Skaters (SYS).

SYS bersama pakar hukum Son Hye-won dan pengacara Park Ji-hoon telah mempublikasikan tuntutan mereka di parlemen Korea Selatan pada hari Senin (21/01/19) kemarin. Nama dan identitas lima atlet wanita tersebut pun dirahasikan demi alasan privasi dan keamanan.

“Mereka takut dengan potensi pembalasan dan penolakan dari masyarakat,” kata Park kepada BBC.

Salah satu atlet bahkan mengungkapkan bahwa ia pernah dicium paksa oleh pelatihnya. Ia juga dimaki secara kasar ketika dianggap tidak mengindahkan saran yang diberikan kepadanya.

Mirisnya lagi, aksi-aksi tersebut kabarnya telah berlangsung lama dan sengaja ditutup-tutupi. Mantan pelatih nasional skating Korea Selatan, Jun Myung-kyu, diduga berperan penting melobi sejumlah komunitas dan politikus sebagai sarana berlindung. SYS pun meminta investigasi terhadap Jun.

Kasus ini sebenarnya bukan pertama kalinya terjadi di dunia skating Korea Selatan. Pada tahun 2018 lalu, peraih medali emas Olimpiade, Shim Suk-hee, juga pernah menuntut mantan pelatih yang pernah menganiayanya ketika masih remaja.

Bulan lalu, Shim kembali menuntut mantan pelatihnya yang telah dipenjara tersebut atas tuduhan pelecehan seksual.  

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di FOOTBALL265.COM