Papua Mulai Fungsikan Kantor KONI dan Wisma Atlet Terlengkap di Indonesia

Senin, 24 Agustus 2020 20:37 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
© Sudjarwo/INDOSPORT
Nampak Ruang Lobi Kantor KONI dan Wisma Atlet Papua. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Nampak Ruang Lobi Kantor KONI dan Wisma Atlet Papua.

FOOTBALL265.COM - Gedung baru KONI Papua dan Wisma Atlet akhirnya mulai difungsikan setelah melewati proses pengerjaan selama 9 tahun. Dua fasilitas mewah ini baru saja diresmikan oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe, Senin (24/08/20).

Dua fasilitas yang berada dalam satu gedung ini menelan anggaran sebesar Rp313 miliar bersumber dari dana APBD dan mulai dikerjakan sejak 2011 silam.

Gubernur Papua, Lukas Enembe mengklaim jika gedung KONI Papua dan Wisma Atlet berkelas bintang empat itu adalah yang terlengkap di Indonesia.

"Pembangunan kantor KONI dan wisma atlet ini memakan waktu 9 tahun. Mulai sekarang atlet kita bisa tinggal di gedung bintang empat. Ini adalah wisma atlet dan kantor KONI terlengkap di Indonesia," ujar Gubernur Lukas kepada wartawan di Jayapura.

Sementara itu, sekretaris umum KONI Papua, Kenius Kogoya menyebutkan, gedung berlantai 7 yang dibangun di lahan seluas 2.944 meter persegi itu adalah bukti sebuah peradaban sejarah baru bagi olahraga Papua.

"Bangunan ini sangat monumental yang dibangun sejak PON pertama kali. Kita bangga karena Pak Gubernur bisa membawa peradaban baru sejarah olahraga di Papua, dan ini adalah sebuah kebangkitan dan spirit olahraga di tanah papua secara nasional," ungkap Kenius.

Kantor KONI Papua dan Wisma Atlet ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas diantaranya akses lift, air panas dan dingin, serta dua genset berkapasitas 1,2 mega. Ruang serbaguna berkapasitas 300 orang, ruang makan 200 orang lebih, kafe, minimarket dan ruang pengelola gedung.

Khusus Wisma Atlet sendiri berkapasitas daya tampung 524 atlet dan lahan parkirnya bisa menampung sebanyak 264 kendaraan.