Tak Ada Pemain AS, 5 Pencetak Poin Terbanyak Sepanjang Masa Cabor Basket Putra Olimpiade

Selasa, 10 Agustus 2021 20:30 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Ezra Shaw/Getty Images
Tim basket Amerika Serikat merayakan kemenangan atas Prancis dalam pertandingan Final Bola Basket Putra di Olimpiade Tokyo 2020 Copyright: © Ezra Shaw/Getty Images
Tim basket Amerika Serikat merayakan kemenangan atas Prancis dalam pertandingan Final Bola Basket Putra di Olimpiade Tokyo 2020

FOOTBALL265.COM – Olimpiade 2020 di Tokyo telah berakhir di mana untuk cabang olahraga Basket putra, Amerika Serikat kembali keluar sebagai pemenang.

Kendati Amerika Serikat kembali menang, nyatanya tak ada pebasket asal negeri Paman Sam yang mampu masuk dalam daftar pencetak poin terbanyak sepanjang gelaran Olimpiade hingga edisi Tokyo 2020.

Tim basket putra Amerika Serikat berhasil meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 dan membuat mereka total mengkoleksi 16 medali sepanjang kesertaannya di ajang tersebut.

Koleksi 16 medali emas tersebut membuat tim basket putra Amerika Serikat semakin mengkokohkan statusnya sebagai tim basket putra dengan koleksi terbanyak di pergelaran Olimpiade sepanjang masa.

Hanya ada satu negara selain Amerika Serikat yang memiliki koleksi medali emas lebih dari satu. Negara tersebut adalah Uni Soviet (Rusia) dan mereka pun hanya berhasil mendapatkan dua medali emas.

Sejak menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) di Olimpiade pada tahun 1936, Amerika Serikat diketahui hanya kalah di Olimpiade 1972 Munchen (perak), 1980 Moscow (boikot, tidak ikut berpartisipasi), dan 1988 Seoul (perunggu).

Meski punya catatan apik, nyatanya sejak cabor Basket dipertandingkan, tak ada pebasket asal Amerika Serikat yang masuk dalam daftar pencetak poin terbanyak.

Lantas, siapa saja 5 pebasket yang mampu mencetak poin terbanyak sepanjang pertandingan basket putra Olimpiade? Berikut daftarnya.