Pesona Tiara Laili Manongga, Pevoli Cantik yang Rebut Emas Muay Thai untuk Papua di PON XX

Kamis, 7 Oktober 2021 15:57 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Isman Fadil
© PB PON XX Papua - Deny Simaela
Peraih medali emas muay thai Papua di nomor wai khru, Tiara Laili Manongga. Copyright: © PB PON XX Papua - Deny Simaela
Peraih medali emas muay thai Papua di nomor wai khru, Tiara Laili Manongga.

FOOTBALL265.COM - Tiara Laili Manongga, satu dari enam petarung Papua yang mempersembahkan medali emas untuk kontingen Papua dari cabang olahraga muay thai di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021.

Tiara tak pernah menyangka jika hokinya justru didapat di olahraga beladiri. Maklum, sebelum bergabung dengan tim muay thai Papua, Tiara menggeluti olahraga bola voli dan tergabung di PPLP Papua.

Atlet putri berparas cantik kelahiran Bandung 11 Oktober 2002 itu hanya iseng-iseng ikut seleksi tim muay thai, yang kebetulan baru menjalani debut perdana di PON XX Papua.

Tiara memutuskan ikut seleksi tim muay thai karena tim voli PPLP Papua gagal berlaga di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2019.

Walau berbanding terbalik dengan basicnya yang dari olahraga permainan ke beladiri, namun Tiara rupanya sempat mengenyam ilmu beladiri pencak silat di Bandung.

Itu sebabnya, dia tak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan beladiri muay thai. Namanya lolos dalam tim muay thai Papua berdasarkan hasil seleksi.

"Awalnya saya atlet PPLP voli dan saya dapat info kalau ada perekrutan atlet PON cabor muay thai, kita semua di suruh seleksi dan akhirnya masuk tim muay thai di akhir tahun 2019," kata Tiara.

Tiara lolos seleksi tim muay thai Papua dan menjalani pemusatan latihan (TC) di Batu, Malang, sambil menyelesaikan pendidikan SMA-nya.

"Perjuangan saya menembus tim muay thai Papua dari gagal mengikuti Popnas 2019 voli indoor, karena ditiadakan waktu itu. Dan setelah saya lolos seleksi, saya lanjut mengikuti TC PON bersama tim muay thai di Batu Malang, dan melanjutkan sekolah titipan di SMA 2 Batu Malang hingga lulus sekolah," ungkapnya.