Sebut Wayang dari Malaysia, Sepatu Baru Adidas Banjir Komentar Netizen Indonesia

Rabu, 17 November 2021 13:50 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
© Official Website
Logo Adidas. Copyright: © Official Website
Logo Adidas.

FOOTBALL265.COM - Sepatu baru Adidas yang bertema wayang kulit banjir komentar pedas dari netizen Indonesia. Pasalnya Adidas menyebut jika Wayang adalah warisan budaya Malaysia.

Media asal Malaysia, Vocket FC pada Selasa (16/11/21) menyoroti tentang sepatu bertema wayang kulit yang diluncurkan oleh Adidas.

Sekitar satu minggu yang lalu, Adidas Singapore telah meluncurkan model sepatu terbaru UltraBOOST SEA DNA CITY PACK dengan tema wayang kulit sebagai motif utama desain, dan menyatakan bahwa wayang kulit berasal dari Malaysia.

Setelah memposting tentang hal itu di media sosial, akun Instagram Adidas langsung banjir komentar pedas dari netizen Indonesia.

Mereka berbondong-bondong menyatakan bahwa wayang kulit adalah warisan budaya Indonesia bukan Malaysia. Media tersebut juga menyertakan mengenai komentar pedas yang dilayangkan oleh warganet Indonesia.

"Wayang from Indonesia. Pinter sedikit lah apa apa ko Malaysia. Malaysia mah ampe mie instan juga di akuin. Malu banget sekelas Adidas aja gak ngerti warisan budaya suatu negara," tulis seorang netizen.

"Wayang berasal dari pulau Jawa, Indonesia. Itu bukan berasal dari budaya Malaysia. Stop mencuri budaya kita! Kalian lebih baik mencari informasi yang benar sebelumnya. Shame on you!" timpal netizen lainnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by adidas Singapore (@adidassg)

Setelah menerima banyak komentar pedas, Adidas akhirnya mengubah caption dalam postingan mereka untuk mengoreksi fakta tentang wayang kulit.

"Berasal dari Indonesia, Wayang Kulit telah menginspirasi daerah lain di Asia Tenggara. Desain #UltraBOOST DNA City Pack memberi penghormatan kepada bentuk seni dengan menggabungkan elemen Wayang Kulit dengan palet warna modern," tulis @adidassg. 

"Dalam pendekatan 'lama-bertemu-baru' pada DNA UltraBOOST. Paket diluncurkan pada 11 November 2021. Catat tanggalnya!" pungkasnya.