AS Boikot Diplomatik Olimpiade Beijing, Begini Nasib Para Atletnya

Selasa, 7 Desember 2021 14:39 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© INDOSPORT
Amerika Serikat resmi menyatakan boikot diplomatik Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Lantas, bagaimana nasib para atletnya? Copyright: © INDOSPORT
Amerika Serikat resmi menyatakan boikot diplomatik Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Lantas, bagaimana nasib para atletnya?

FOOTBALL265.COM – Amerika Serikat resmi menyatakan boikot diplomatik Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Lantas, bagaimana nasib para atletnya?

Dilansir dari Firstpost, Amerika Serikat pada hari Senin (06/12/21) mengumumkan boikot diplomatik Olimpiade Musim Dingin Beijing yang akan berlangsung pada Februari 2022 mendatang.

Disampaikan oleh Juru Bicara Gedung Putih, Jen Psaki, aksi boikot ini merupakan bentuk teguran terhadap China yang melakukan kejahataan kemanusiaan dan pelanggaran hak asasi manusia.

“Administrasi Biden tidak akan mengirimkan diplomat atau perwakilan resmi ke Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 dan Paralimpiade mengingat genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan China yang sedang berlangsung di Xinjiang, dan pelanggaran hak asasi manusia lainnya,” kata Psaki.

Dengan demikian, Amerika Serikat tetap akan mengirimkan atlet-atletnya ke Beijing, China untuk berpartisipasi dalam pertandingan namun tidak didampingi para pejabat atau diplomat.

Psaki menambahkan para pejabat dan diplomat tetap tinggal di rumah, namun tetap akan memberikan dukungan ke para atlet yang bertanding mengharumkan nama bangsa.

“Mengirim perwakilan resmi akan menandakan bahwa Olimpiade berjalan seperti biasa, dan kita tidak bisa melakukan itu,” lanjut Psaki.

“Para atlet di Tim USA mendapat dukungan penuh kami. Kami akan mendukung mereka 100 persen saat kami menyemangati mereka dari rumah,” tambahnya.

Secara terpisah, juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price menyatakan bahwa anggota tim AS, pelatih dan staf pelatih lainnya tetap akan menerima bantuan keamanan konsuler dan diplomatic.