Kabar Baik, Olimpiade Beijing Bisa Jadi Obat Keganasan Rusia atas Ukraina

Kamis, 27 Januari 2022 02:56 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
© wikipedia
Logo Olimpiade Musim Dingin 2022 Copyright: © wikipedia
Logo Olimpiade Musim Dingin 2022

FOOTBALL265.COM - Olimpiade Musim Dingin Beijing ditengarai bisa jadi obat dari keganasan Rusia yang berniat untuk melakukan invasi atas Ukraina.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Wendy Sherman mengatakan bahwa Presiden China Xi Jinping tidak akan senang jika waktu Olimpiade Musim dingin Beijing bersamaan dengan perang Rusia.

Sherman sendiri tidak tahu apakah Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah membuat keputusan untuk menginvasi Ukraina. Tetapi, sejumlah petunjuk mengatakan bahwa invasi bisa saja terjadi pada pertengahan Februari.

"Kita semua tahu Olimpiade Beijing akan dimulai pada 4 Februari. Vladimir Putin diperkirakan akan hadir di acara pembukaan," ujar Menteri Luar Negeri Amerika Serikat dilansir dari Reuters.

"Saya kira mungkin Presiden Xi Jinping tidak akan senang jika Putin memilih momen itu untuk menyerang Ukraina," sambungnya lagi.

Selama ini Vladimir Putin mengkritik boikot diplomatik Olimpiade oleh Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya atas alasan catatan hak asasi manusia China.

Putin juga menegaskan bahwa pihaknya menentang 'politisasi olahraga'. Menyusul dengan kecemasan akan adanya invasi Rusia, Kedutaan Besar AS telah mendesak warganya untuk meninggalkan Ukraina.

Hingga saat ini situasi keamanan di negara itu dikatakan tidak dapat diprediksi lantaran meningkatnya ancaman aksi militer Rusia.

Amerika Serikat dan sekutunya sudah mengancam sanksi berat kepada Rusia jika tetap nekat melakukan invasi ke Ukraina.