Bola Internasional

Gunakan Pemain Liga Asing di SEA Games, Bos Thailand Tiru Asnawi Mangkualam dan Timnas Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 19:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Alexandre Polking mengakui Thailand U-23 asuhannya banyak menggunakan pemain liga asing seperti halnya Timnas Indonesia U-23 memberdayakan Asnawi Mangkualam. Copyright: © PSSI
Alexandre Polking mengakui Thailand U-23 asuhannya banyak menggunakan pemain liga asing seperti halnya Timnas Indonesia U-23 memberdayakan Asnawi Mangkualam.

FOOTBALL265.COM - Alexandre 'Mano' Polking banyak memanggil pemain dari liga asing untuk memperkuat Thailand U-23 di ajang SEA Games 2021 dan ia menggap sukses Timnas Indonesia U-23 sebagai inspirasinya.

Tim Garuda banyak mengalami perkembangan pesat begitu diperkuat oleh bintang-bintang yang merantau ke luar negeri macam Asnawi Mangkualam, Witan Sulaenman, dan Egy Maulana Vikri. Tim The War Elephant pun ingin merasakan progres yang sama.

Dari 20 pemain yang Polking bawa ke Hanoi, Vietnam, ada tiga yang bermain di Eropa dan semuanya langganan di Starting XI.

Di posisi bek tengah ada Jonathan Khemdee. Pemain 20 tahun berdarah Denmark yang bermain untuk Odense Boldklub di Liga Super Denmark.

Sementara itu, untuk pos gelandang ada duo Benjamin Davis (21) dan Chayapipat Supunpasuch (21). Nama pertama merumput di Liga Inggris bersama Oxford United sedang yang lain di Liga Portugal untuk Estoril.

Bomber 21 tahun blasteran Swedia yakni Patrik Gustavsson sebenarnya juga masih bermain di luar negeri untuk klub Liga Swedia, Sylvia, sampai Januari tahun ini.

Gustavsson baru berkiprah di kompetisi domestik Thailand usai direkrut oleh BG Pathum dan kemudian dipinjamkan ke Chiangmai FC.

Eksperimen Polking dengan memanggil Davis, Khemdee, Supunpasuch, dan Gustavsson kemudian terbukti sukses karena Thailand U-23 kini lolos ke semifinal SEA Games 2021 sebagai juara Grup B dan menjadi tim dengan produktivitas terbaik dengan 12 gol.

"Pemain-pemain yang datang dari luar negeri adalah tulang punggung Thailand seperti halnya Asnawi Mangkualam untuk Indonesia," ujar Alexandre Polking.

"(Asnawi) adalah pemain yang luar biasa. Ia bisa membuat perbedaan seorang diri di atas lapangan," tambah juru taktik asal Brasil keturunan Jerman itu lagi.