In-depth

Tragedi Berdarah Olimpiade Munchen 1972, Pembantaian 11 Orang Israel Termasuk Para Atlet

Selasa, 6 September 2022 22:49 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Reuters/Leonhard Foeger
Suasana peringatan 50 tahun tragedi pembantaian di Olimpiade Munchen 1972. Foto: Reuters/Leonhard Foeger. Copyright: © Reuters/Leonhard Foeger
Suasana peringatan 50 tahun tragedi pembantaian di Olimpiade Munchen 1972. Foto: Reuters/Leonhard Foeger.

FOOTBALL265.COM - Olimpiade Munchen 1972 masih menyisakan duka mendalam bagi dunia olahraga sampai detik ini, akibat tragedi berdarah yang dikenal dengan sebutan Munich Massacre.

Gelaran Olimpade yang biasanya digelar dengan gegap gempita ternyata tidak selamanya menyimpan kenangan indah.

Tidak berbeda jauh dengan sepak bola yang memiliki Tragedi Hillsborough, Heysel, dan lainnya, ajang Olimpiade juga menelan korban 50 tahun lalu di Munchen, yang saat itu masih jadi wilayah Jerman Barat.

Dikenal dengan istilah Munich Massacre dalam bahasa Inggris, insiden ini menewaskan 11 aggota tim Israel di tempat menginap mereka di area Olympic Village.

Area Olympic Village, tempat yang seharusnya menjadi sarana peristirahatan para atlet dari kepenatan dan kelelahan selama kompetisi, justru berubah jadi TKP pembunuhan oleh sekelompok teroris bersenjata.

Adalah Black September yang disebut-sebut sebagai kelompok asal Palestina, yang menerobos masuk dan menyandera 11 orang Israel termasuk para atlet, pelatih, dan ofisial tim.

Dua di antaranya dibunuh terlebih dahulu karena melawan, sementara sembilan lainnya tewas dalam misi penyelamatan otoritas Jerman.

Kejadian bermula pada 5 September 1972, sebelum subuh grup Black September yang disebut-sebut berjumlah delapan orang menyelinap masuk ke area Olympic Village.

Setelah masuk, mereka mencuri kunci apartemen yang ditinggali oleh para atlet dan anggota tim dari Israel.

Seorang wasit gulat bernama Yossef Gutfreund adalah orang pertama yang mengetahui penerobosan tersebut dan mencoba menghalau para teroris, sembari membangunkan orang-orang yang ada di apartemen.