KOI Umumkan CdM SEA Games hingga Asian Games 2023, Ada Pak Bas Idola Sejuta Umat

Kamis, 16 Februari 2023 12:20 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© http://daulat.co
Basuki Hadimuljono alias Pak Bas (Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) terpilih menjadi Chief de Mission (CdM) Asian Games Hangzhou. Copyright: © http://daulat.co
Basuki Hadimuljono alias Pak Bas (Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) terpilih menjadi Chief de Mission (CdM) Asian Games Hangzhou.

FOOTBALL265.COM - Komite Olimpiade Indonesia mengumumkan Chief de Mission SEA Games dan Asian Games 2023. Salah satu yang terpilih adalah Menteri Basuki Hadimuljono.

Komite Olimpiade Indonesia mengumumkan CdM Multievent 2023 pada Selasa (14/4/23). Selain SEA Games dan Asian Games 2023, juga ada Asian Indoor and Martial Art Games 2023.

Lexyndo Hakim ditunjuk menjadi Kepala Kontingen SEA Games 2023 Kamboja, lalu Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono alias Pak Bas sebagai CdM Asian Games 2023 Hangzhou.

Terakhir, ada Letjen TNI Maruli Simanjuntak yang menjadi CdM Asian Indoor and Martial Art Games (AIMAG) Bangkok-Chonburi 2021.

"Di tangan mereka, prestasi Indonesia bisa berjalan sukses dan membawa ke kejayaan," ucap Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (MenPMK), Muhadjir Effendy.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari menuturkan tidak sulit untuk memilih ketiga sosok ini untuk menjadi CdM Multievent 2023. Sebab, sosok yang terpilih memiliki rekam jejak yang baik di olahraga.

Ada alasan khusus mengapa Menteri PUPR yang jenaka, Basuki Hadimuljono alias Pak Bas ikut terpilih menjadi CdM Asian Games 2023.

"Kami sudah lakukan pertimbangan dan sortir nama yang ada. Mereka adalah orang terbaik di bidangnya," ungkap Raja Sapta.

"Seperti Pak Basuki, selama di SEA Games Vietnam lalu, tak pernah meninggalkan atlet dayung di sana. Jadi kami rasa beliau lantas di Asian Games," lanjut Raja Sapta Oktohari.

"Kami sengaja mengumumkan CdM di awal tahun, sehingga sebagai kepala kontingen, mereka memiliki waktu persiapan yang lebih panjang," imbuhnya.