RDP dengan Komisi X DPR RI, Kemenpora Diminta Prioritaskan Pembinaan Usia Dini

Jumat, 21 April 2023 19:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Media Kemenpora
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian. Copyright: © Media Kemenpora
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian.

FOOTBALL265.COM - Sesmenpora Gunawan Suswantoro bersama segenap pejabat Eselon I Kemenpora mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi X DPR RI di Ruang Rapat Komisi X DPR RI Gedung Nusantara 1, Jakarta.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian dan Abdul Fikri Faqih memimpin RDP terkait Perkembangan Pembangunan Kepemudaan dan Keolahragaan serta Dampak Pembangunan Kepemudaan dan Keolahragaan terhadap Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan.

"Program prioritas di Kemenpora ada lima. Pertama perbaikan tata kelola kelembagaan, kompetensi ASN, penyederhanaan regulasi, penyesuaian birokrasi, dan peningkatan kecepatan pelayanan publik," kata Gunawan Suswantoro, Selasa (28/3/23). 

"Kedua pelayanan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri, dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan. Lalu, penguatan ideologi Pancasila, karakter, dan budaya bangsa di kalangan pemuda," cetusnya.

"Keempat pemasyarakatan olahraga yang menimbukkan kegemaran untuk hidup lebih sehat dan bugar di kalangan masyarakat. Kelima Pembinaan usia dini dan peningkatan prestasi atlet yang terencana dan berkesinambungan," tambah Sesmenpora.

Sesmenpora turut menyampaikan Realisasi Anggaran Kemenpora di Triwulan Pertama Tahun 2023. Dari Pagu Anggaran sebesar Rp2.530.093.157.000 baru terserap sekitar 10,20 persen atau sekitar Rp257.952.314.595. 

"Penyerapan anggaran di triwulan pertama ini masih sangat kecil, yaitu baru sekitar 10,20 persen karena di Kemenpora saat ini menggunakan SOTK baru sementara DIPA-nya SOTK lama," ujar Sesmenpora.

Usai pemaparannya, dan dilanjutkan pemaparan dari para deputi, kemudian diberikan pengarahan, pertanyaan serta masukan dari para Anggota Komisi X DPR RI.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, menyampaikan beberapa hal untuk mendorong Kemenpora dalam meningkatkan kepemudaan dan keolahragaan.

"Komisi X DPR RI mendorong Kemenpora meningkatkan koordinasi dengan berbagai K/L dalam upaya meningkatkan seluruh indikator dalam Indeks Pembangunan Pemuda," tutur Hetifah Sjaifudian.

"Yaitu pendidikan, kesehatan/kesejarahteraan, lapangan dan kesempatan kerja, partisipasi dan kepemimpinan serta gender dan diskriminasi."

"Komisi X DPR RI juga mendorong Kemenpora memasukkan program kegiatan yang berbasis keagamaan dalam pelaksanaan program kegiatan penguatan ideologi kebangsanaan." 

"Memfokuskan program peningkatan partisipasi olahraga dan kebugaran masyarakat dalam mendorong Indonesia Bugar yang tertera dalam DBON," lanjutnya.

"Kemudian pelaksanaan program prioritas pembinaan usia dini dan peningkatan prestasi atlet pada sentra latihan harus didukung oleh naggaran yang sesuai dengan target dan tujuan DBON," pungkas Hetifah.