In-depth

3 Insiden yang Buat Indonesia Meradang, Termasuk Bendera Terbalik SEA Games 2023

Sabtu, 6 Mei 2023 12:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Dok: NOC Indonesia/Naif Al
Insiden bendera Indonesia terbalik di SEA Games 2023 menjadi perbincangan para warganet jagat maya pada Jumat (05/05/23). Foto: Dok. NOC Indonesia/Naif Al. Copyright: © Dok: NOC Indonesia/Naif Al
Insiden bendera Indonesia terbalik di SEA Games 2023 menjadi perbincangan para warganet jagat maya pada Jumat (05/05/23). Foto: Dok. NOC Indonesia/Naif Al.

FOOTBALL265.COM - Insiden bendera Indonesia terbalik di SEA Games 2023 menjadi perbincangan para warganet jagat maya pada Jumat (05/05/23).

Insiden yang terjadi saat sesi pre-show upacara pembukaan itu pun membuat warganet dan tentunya segenap rakyat Indonesia meradang.

Dalam video maupun footage yang banyak beredar di media sosial, terihat bendera Indonesia dibawa oleh salah satu penari di panggung.

Hanya saja, masayarakat Indonesia dikagetkan dengan warna bendera yang putih di atas dan merah di bawah.

Tidak ayal, kesalahan ini pun menyulut emosi para warganet yang kemudian menyeruduk akun media sosial SEA Games 2023 Kamboja.

Akun Instagram @cambodia_2023 mendadak ramai dengan gempuran para warganet Indonesia yang ‘bersatu’ dalam aksi bela negara ala medsos ini.

Mereka mengigatkan sekaligus mengkritik insiden bendera terbalik tersebut, yang meski terjadi saat sesi pre-show, tetap mencederai identitas bangsa Indonesia.

Sampai tulisan ini dibuat, warganet Tanah Air masih memadati kolom komentar di unggahan teranyar @cambodia_2023.

Menyusul insiden ini, Kamboja selaku tuan rumah dikabarkan sudah meminta maaf kepada Indonesia dan memastikan kejadian serupa tidak terulang saat acara utama.

Kejadian bendera terbalik di SEA Games 2023 ini, menjadi salah satu insiden yang membuat warganet dan masyarakat Indonesia meradang saat menyaksikan ajang multi-event internasional.