Bola Internasional

Timnas Indonesia U-22 Masih Nirbobol di SEA Games 2023, Ernando Ari Beberkan Rahasia Kesaktiannya

Minggu, 7 Mei 2023 04:13 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ernando Ari jadi salah satu pemain timnas Indonesia U-22 yang performanya paling disorot di ajang SEA Games 2023. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ernando Ari jadi salah satu pemain timnas Indonesia U-22 yang performanya paling disorot di ajang SEA Games 2023.

FOOTBALL265.COM - Ernando Ari jadi salah satu pemain timnas Indonesia U-22 yang performanya paling disorot di ajang SEA Games 2023.

Pasalnya setelah melewati dua pertandingan di Kamboja, gawang sang kiper sama sekali belum kemasukan gol alias selalu bisa mencatatkan nirbobol.

Saat melakoni duel dengan Filipina di matchday pembuka dan Myanmar untuk laga kedua, timnas Indonesia U-22 memakai dua susunan pemain yang berbeda.

Demi mensiasati jadwal pertandingan yang padat dan menjaga agar semua pemain tetap bugar, pelatih Indra Sjafri terus melakukan rotasi namun tidak untuk posisi penjaga gawang.

Ernando tetap ia pertahankan selama 180 menit di bawah mistar dan hasilnya cukup memuaskan. Garuda Muda sukses menang dengan skor 3-0 dan 5-0 di dua partai pertama.

Cleansheet atau nirbobol yang diperoleh kiper asal Persebaya Surabaya ini tentunya sangat krusial. Pasalnya jika ada tim dengan dua nilai sama di klasemen fase grup cabor sepakbola, maka head to head dan selisih gol akan jadi penentu peringkat selanjutnya.

Tidak heran jika kemudian Ernando jadi banjir pujian. Pemuda 21 tahun yang juga sudah punya caps di timnas Indonesia senior itu mengatakan jika hasil baik sejauh ini adalah hasil kerja sama seluruh tim.

"Alhamdulillah dua pertandingan terakhir kita tidak kebobolan. Ini suatu penghargaan atau kebanggaan bagi defender maupun kiper itu sendiri," beber Ernando Ari.

"Rahasianya itu kita pasti selalu ingin memberikan yang terbaik di lapangan, juga percaya satu sama lain, dan selalu ingin memberikan yang terbaik di setiap laga,"

"Jadi, kita terus improve dari kemarin lawan Filipina, Myanmar, besok pun Insha Allah saya yakin kita cleansheet lagi," pungkasnya kemudian.