Menpora Dito Ariotedjo Pastikan Indonesia Kirim 415 Atlet di Asian Games 2022

Sabtu, 2 September 2023 23:30 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Subhan Wirawan
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Menpora Republik Indonesia, Dito Ariotedjo. (Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT) Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Menpora Republik Indonesia, Dito Ariotedjo. (Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT)

FOOTBALL265.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, menuturkan bahwa Indonesia akan menurunkan 415 atlet pada ajang Asian Games 2022 mendatang.

Informasi tersebut diungkapkan Dito dalam sesi konferensi pers hari ini, Jumat (01/09/23), di Media Center, Kemenpora RI, Jakarta.

Sekedar informasi, ajang Asian Games 2022 sendiri akan berlangsung di Hangzhou, China pada 23 September hingga 8 Oktober 2023.

"Kita akan menurunkan 415 atlet dan 161 official di 31 cabang olahraga, dan untuk Asian Para Games kita akan menurunkan 134 atlet dan 62 official, 56 pelatih dan 12 manajer di 12 cabor," kata Dito Ariotedjo, Jumat (01/09/23).

"Ada 12 cabor yang akan diikuti dengan target peringkat 10 besar dengan 20 medali emas," lanjut Dito Ariotedjo.

Lebih lanjut, dikatakan Dito Ariotedjo bahwa mulanya Indonesia mendapatkan total entry sebanyak 600 atlet. Namun dikarenakan ada proses lanjutan dari tim review, maka dari itu total akhir menjadi 415.

"Kita benar-benar diproses oleh tim review dan jumlah ini dengan potensi emas 8 sampai 12. Jadi, ini hasil dari diskusi panjang larena melihat kesuksesan SEA Games kemarin," lanjutnya.

Ketua Tim Review, Mochammad Asmawi, menuturkan bahwa para atlet yang lolos untuk mengikuti kejuaraan Asian Games 2023 tentunya terlebih dahulu melewati ketentuan-ketentuan khusus.

Pertama, cabang olahraga pilihan yang berpeluang untuk meraih medali. Kemudian yang kedua, berdasarkan rekam jejak prestasi selama dua tahun terakhir,

"Sejumlah kriteria adalah cabang olahraga yang berpeluang meraih medali, rekam jejak prestasi setidaknya dalam dua tahun terakhir," jelas Mochammad Asmawi.

"Kemudian juga atlet yang berpeluang lolos kualifikasi Olimpiade dan Paralimpiade. Lalu juga cabor yang raih emas di SEA Games," sambungnya.