SEA Games 2017 Semakin Dekat, Bagaimana Kondisi Mental Timnas Futsal Putra?

Minggu, 6 Agustus 2017 14:51 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Herry Ibrahim
© Indosport/Herry Ibrahim
Timnas Futsal Indonesia. Copyright: © Indosport/Herry Ibrahim
Timnas Futsal Indonesia.

Mundurnya pemusatan latihan serta masa seleksi Tim Nasional (Timnas) Futsal Putra Indonesia untuk ajang SEA Games 2017 tentu memengaruhi mental para pemainnya. Ditambah, kabar kurang sedap bertubi-tubi datang menghampiri.

Timnas Futsal Putra hampir saja gagal berangkat ke event dua tahunan tersebut karena berbagai hal. Kabarnya, mulai dari minimnya dana, hingga kasus pertarungan hak siar.

© Instagram@timnasfutsal
Skuat Timnas Futsal. Copyright: Instagram@timnasfutsalSkuat Timnas Futsal.

Kini, armada Victor Jacobus Hermans tengah menggelar seleksi selama tiga hari. Mulai 4-7 Agustus di GOR 17 Desember, Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Pada hari terakhir masa seleksi, Senin, (07/08/17) Vic Hermans akan mengumumkan nama-nama yang akan berangkat ke SEA Games 2017 Malaysia pada pertengahan Agustus mendatang. Dari 29 pemain, 14 di antaranya bakal masuk Skuat Timnas Futsal Putra.

Kondisi yang kurang ideal memang melihat masa seleksi yang terlalu pendek. Namun, Bambang Bayu Saptaji dan kolega tetap bersemangat menembus skuat inti.

“Walaupun waktunya mepet, tetapi mental pemain tetap bagus. Mereka sangat antusias mengikuti seleksi,” ucap asisten pelatih Timnas Futsal Putra, Yori van der Torren ketika dihubungi INDOSPORT.

© SURYAKABAR
Edhie Prasetyo, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Federasi Futsal Indonesia (FFI). Copyright: SURYAKABAREdhie Prasetyo, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Federasi Futsal Indonesia (FFI).

Yori melanjutkan, selain meraba-raba untuk mencuri medali, SEA Games 2017 juga akan dijadikan ajang uji coba sebelum mengikuti Piala AFF Futsal 2017. Vietnam akan menjadi tuan rumah turnamen tersebut yang berlangsung pada 23 Oktober hingga 3 November 2017 mendatang.

“Senin akan diumumkan pemain memperkuat Timnas Futsal Putra di SEA Games 2017. Akan ada 14 pemain yang berangkat. SEA Games jadi ajang uji coba untuk Piala AFF Futsal 2017,” terang Yori.

“Tanggal 16 Agustus kita akan berangkat ke Malaysia,” tutupnya.