Piala AFF Futsal 2017

Keberuntungan Jadi Kunci Myanmar Singkirkan Timnas Futsal dari Piala AFF 2017

Selasa, 31 Oktober 2017 06:37 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Kemenangan 2-1 Myanmar atas Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia, Minggu (29/10/17) memastikan langkah mereka ke babak semifinal Piala AFF Futsal 2017 di Vietnam. Buat Skuat Garuda, julukan Timnas, kekalahan menjadi pukulan yang sangat telak.

Pasukan Victor Jacobus Hermans terpaksa mengemas koper lebih cepat. Sebab, mereka hanya bertengger di peringkat ketiga Grup A dengan enam angka. Terpaut tiga poin dari tim peringkat pertama dan kedua, Myanmar dan Vietnam.

Sedari awal pertandingan, Timnas Futsal dan Myanmar sama-sama saling serang. Namun, Myanmar lebih dulu unggul sebelum disamakan oleh Skuat Garuda. 

Kemudian, Myanmar kembali mencetak gol untuk kembali memimpin. Memasuki enam menit terakhir laga, Vic memainkan pola powerplay. Nahas, Timnas Futsal kembali kebobolan dan hanya berhasil menceploskan satu bola. Jadilah pertandingan berakhir 3-2 untuk kemenangan Myanmar.

"Pertandingan itu sangat penting. jadi kami harus bersabar dan tidak bereaksi terlalu cepat," kata pelatih kepala Myanmar Htay Myint dinukil dari laman resmi AFF.

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Pelepasan Timnas Futsal. Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTPelepasan Timnas Futsal.

"Pertandingan itu sangat ketat tapi pada akhirnya kami sedikit beruntung bisa memenangkan pertandingan ini terutama saat Indonesia memainkan powerplay di menit-menit akhir," katanya menambahkan.

Kegagalan ini menjadi capaian buruk Timnas Futsal sepanjang 2017. Sebelumnya, Skuat Garuda juga tersingkir di babak penyisihan kala mengikuti SEA Games 2017 Malaysia.