1 Fakta Unik dari Peraih Emas Panjang Tebing Asian Games 2018

Jumat, 24 Agustus 2018 16:30 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© AFP
Tiga juara panjat tebing Asian Games 2018, Reza Alipour (tengah), Zong Qixin (kiri), Aspar Jaelolo (kanan) Copyright: © AFP
Tiga juara panjat tebing Asian Games 2018, Reza Alipour (tengah), Zong Qixin (kiri), Aspar Jaelolo (kanan)

FOOTBALL265.COM – Reza Alipour atlet asal Iran telah menyabet emas di final cabang olahraga (cabor) panjat tebing pria di Asian Games 2018, pada Kamis (23/08/18) malam. Uniknya, Alipour meraih kemenangan karena kerja kerasnya akibat tak memiliki pelatih.

Atlet yang dijuluki Cheetah Asiatic itu berhasil menjadi juara setelah rivalnya asal China di Asian Games 2018, Zhong Qixin, membuat awal yang salah sehingga terpaksa harus menyerahkan medali emas ke Iran.

Alipour mengatakan ia sangat senang mendapatkan emas Asian Games 2018, tetapi juga merasa kecewa tentang bagaimana caranya menang melawan Zhong, yang dianggap sebagai lawan yang kuat dan teman yang baik.

Namun ia tetap bangga, karena meski tidak mempunyai pelatih tapi ia tetap bisa membuktikan kemampuannya di kancah internasional, termasuk menjadi pemecah rekor dunia di cabor panjat tebing.

Atlet berusia 24 tahun ini juga mengatakan bahwa kondisi badannya yang agak jangkung membuat ia agak kesulitan karena harus mencari teknik-tenik yang berbeda dari lawannya.

"Saya tidak punya dokter, saya tidak punya pelatih, saya hanya punya Tuhan," kata Alipour kepada laman AFP.

"Tiga orang yang memegang rekor dunia sebelum saya, tingginya lebih dari 1,80 m. Jadi saya harus membuat tubuh saya bekerja secara berbeda untuk melampaui pemanjat tebing juara lainnya,” lanjutnya.

Indonesia hanya mampu meraih medali perunggu di cabor panjat tebing kategori pria, yang sabet oleh Aspar Jaelolo. Sedangkan di kategori wanita, Indonesia berhasil membawa dua medali sekaligus yakni emas oleh Aries Susanti dan perak di raih oleh Lestari Puji.

Jadwal Timnas Indonesia U-23 vs Uni Emirat Arab U-23 di Asian Games 2018

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT