Iwan Naik Kasta, Solo Tak Punya Andalan di Kejurnas Motoprix

Minggu, 5 April 2015 05:09 WIB
Kontributor: Benny Raharjo | Editor: Ramadhan
© Raditya Erwiyanto/INDOSPORT
Pembalap Muda Solo, Raih Juara Nasional Kelas MP 1 Copyright: © Raditya Erwiyanto/INDOSPORT
Pembalap Muda Solo, Raih Juara Nasional Kelas MP 1

Meski menjadi tuan rumah ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) balap motor Motoprix Regional II (Jawa) Seri III di Sirkuit Manahan, Solo, Minggu (05/04/15).  Namun, tuan rumah sudah tidak punya lagi wakil di kelas bergengsi MP1 dan MP2.

Pasalnya, rider muda andalan Solo, Agus “Iwan” Setiawan naik level ke Indoprix. Sesuai regulasi, Iwan yang jadi juara umum kejurnas 2014 wajib naik level ke Indoprix musim balapan tahun ini.

Sebagai gantinya, Solo hanya punya 3 wakil yakni Okky Andrian, Rivaldo, dan Arya Aditya. Namun, ketiganya belum tampil di kelas MP1 dan MP2. Okky misalnya, pebalap berusia 19 tahun ini hanya turun di kelas MP 3 dan MP 4. Sedangkan Rivaldo dan Arya Aditya hanya turun di kelas MP 5 serta MP 6.

Perjuangan Okky merebut podium MP4 tak semudah membalikkan telapak tangan. Meski tampil di depan publik sendiri, pebalap Kedung Mulyo Racing Team itu harus berhadapan dengan lawan-lawan tangguh yang sudah turun sejak seri I lalu.

Terutama Dicky Ersa (Yamaha Yamalube NHK Bahtera Racing Team), M. Erfin (Bos Pam Pam 217 NHK FDR Creampie Zyrof 47), dan Irfan Riyadoh (Jateng/Yamaha TDR NHK Optimax FDR Creampie). Ketianya menempati posisi tiga besar pada seri I lalu.

Tak heran, kelas lain juga dibidik Okky. Yakni Bebek 4 Tak Tune Up 150 cc, Bebek 4 Tak Tune Up 200 cc dan Matic Tune Up 130 cc.

“Setelah Iwan Setiawan promosi ke Indoprix, Solo baru mulai cari bibit-bibit baru untuk regenerasi. Potensi sebenarnya sudah ada. Mungkin 2-3 tahun lagi,” jelas Ketua Federasi Olahraga Balap Motor (FOBM) Solo yang juga menjabat sebagai ketua pelaksana kegiatan, Lilik Kusnandar.