Pertahankan Ciri Khas, IIMS 2017 Kembali Gelar Balapan Auto Gymkhana

Kamis, 27 April 2017 20:48 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© http://autodigest.co
Ilustrasi Balapan Auto Gymkhana. Copyright: © http://autodigest.co
Ilustrasi Balapan Auto Gymkhana.

Event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 mulai berlangsung, Kamis (27/04/17) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Ajang ini akan menghadirkan banyak hiburan dan juga kejuaraan di bidang otomotif, salah satunya adalah balapan Auto Gymkhana.

Selain menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Drifting, IIMS tahun ini juga tetap menggelar acara rutin balapan Auto Gymkhana, sebuah ajang adu ketangkasan pembalap dalam meliuk-liuk di trek yang sudah disediakan.

Auto Gymkhana akan diselenggarakan pada hari Sabtu, (29/04/2017) nanti di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Event Gymkhana di IIMS 2017 nanti akan menjadi gelaran perdana dari jadwal kompetisi Gymkhana yang akan diadakan di Indonesia tahun ini. Meski demikian, event Gymkhana kali ini hanya menjadi event biasa dan bukan bagian dari kejuaraan nasional layaknya Kejurnas Drifting.

© youtube.com
Balapan Auto Gymkhana Copyright: youtube.comIlustrasi Balapan Auto Gymkhana.

“Kompetisi Gymkhana dan Drifting di IIMS akan menjadi putaran pembuka dari rangkaian kejuaraan yang akan berlangsung sepanjang tahun 2017,” ucap Hendra Noor Saleh, Direktur PT Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IIMS 2017.

Kompetisi Gymkhana memang menjadi ciri khas dari event IIMS, tepatnya sejak tahun 2013 lalu. Saat itu IIMS menyelengggarakan Gymkhana Race War untuk pertama kalinya.

Balapan Gymkhana berbeda dengan balap slalom maupun drifting, karena kecepatan dan waktu menjadi hal terpenting dalam balap ini. Trek yang digunakan pun berbeda karena rintangan seperti cone dan barrier jauh lebih sedikit.